[Ulasan] Xiaomi Pad 5: kinerja unggulan harga mainstream, dapat menggantikan laptop

Rate this post

[Ulasan] Xiaomi Pad 5: kinerja unggulan harga mainstream, dapat menggantikan laptop

Tablet Xiaomi dengan performa tinggi dengan harga terjangkau! Bagaimana pengalaman menggunakannya?

Dimas Galih W – 26 November 2021

Xiaomi Pad 5 – Aktif

Pasar tablet Android sepertinya sepi sejak merebaknya pandemi COVID-19. Hal ini mungkin karena kebutuhan masyarakat yang lebih condong menggunakan smartphone. Namun, pandemi COVID-19 mengharuskan semua orang untuk bekerja dari rumah dan pergi ke sekolah. Dan ini bisa menjadi titik balik penjualan tablet di seluruh dunia dan juga di Indonesia.

Memilih tablet memang cukup sulit pada awalnya. Ada tablet dengan harga murah tapi spesifikasinya kurang tinggi. Sayangnya, banyak juga tablet yang ditagih dengan spesifikasi yang hanya sepadan dengan harganya. Disini Xiaomi ingin meluangkan waktu dengan merilis tablet Android terbarunya yang bernama Xiaomi Pad 5. Ya, Xiaomi kini telah menghapus nama Mi di semua perangkatnya.

Kalau tidak salah, Xiaomi mengimpor dua tabletnya ke Indonesia, yakni Mi Pad dan Mi Pad 2. Setelah itu, Xiaomi sepertinya sedang vakum saat merilis perangkat tabletnya di Indonesia. Setelah pergantian kepemimpinan dari Steven Shi ke Alvin Tse, sepertinya Xiaomi Indonesia mulai memasukkan perangkat non-Redmi, termasuk kembalinya tablet terbaru Xiaomi Pad, yakni Xiaomi Pad 5.

Xiaomi Pad 5 bisa dibilang tablet dengan spesifikasi andalan yang dijual dengan harga mainstream. Tentu saja, ini memungkinkannya digunakan di mana saja untuk bekerja dan rapat dengan aplikasi seperti Zoom dan Google Meet. Kita dapat dengan mudah mengetik dan menggambar langsung di layar, bahkan dengan aplikasi Office.

Sebagai catatan, Xiaomi Indonesia hanya menyertakan Xiaomi Pad 5 non-Pro. Paket retailnya sendiri terpisah dari keyboard dan stylus. Anda juga dapat dengan mudah menggunakan pena dan keyboard Bluetooth pihak ketiga. Dan semua ini digunakan dengan sangat lancar dan tanpa lag. Begitu juga dengan Xiaomi yang bisa menekan harga tablet ini agar tidak mencapai nilai 5 juta rupiah.

READ  Fossil meluncurkan jam tangan pintar Wear OS 3 pertamanya, Fossil Gen 6 Wellness Edition

Xiaomi Pad yang saya dapatkan (dan satu-satunya varian yang tersedia saat ini) dapat dilihat pada tabel di bawah ini
SoC Qualcomm Snapdragon 860
CPU 1 x 2.96GHz Kryo 485 Emas + 3 x 2.42GHz Kryo 485 Emas + 4 x 1.78GHz Kryo 485 Perak
Kartu grafis Adreno 640
Memori 6GB LPDDR4x
Internal 128 GB UFS 3.1
Layar Dolby Vision 11 inci 2560 x 1600 IPS 120Hz
Dimensi 254,7 x 166,3 x 6,9mm
Berat 511 gram
Baterai 33w pengisian cepat 8720mAh, pengisi daya 22,5w
Kamera utama 13 MP, selfie 8 MP
Sistem operasi Android 11 MIUI 12.5 Ditingkatkan

Hasil CPU-Z, AIDA64 dan Sensor Box dapat dilihat sebagai berikut:

Anda mungkin bertanya-tanya mengapa butuh waktu lama untuk memposting ulasan ini. Sejujurnya saya menunggu sampai MIUI 12.5 Enhanced datang ke Xiaomi Pad 5. Satu hal yang ingin saya alami adalah menggunakan upgrade memori 3GB yang menjadi memori virtual di tablet ini. Artinya Xiaomi Pad benar-benar bisa digunakan sebagai pengganti laptop!
pengisi daya

Dalam paket penjualannya Anda hanya akan menemukan beberapa dokumen serta charger dan kabel USB-C. Meskipun Xiaomi Pad 5 mendukung pengisian daya hingga 33 watt, Xiaomi hanya menyediakan pengisi daya dengan daya 22,5 watt

Sumber :