TUJUAN DAN FUNGSI SARANA BERPIKIR ILMIAH

TUJUAN DAN FUNGSI SARANA BERPIKIR ILMIAH

TUJUAN DAN FUNGSI SARANA BERPIKIR ILMIAH

TUJUAN DAN FUNGSI SARANA BERPIKIR ILMIAH

  1. Tujuan Mempelajari Sarana Ilmiah

Tujuan mempelajari sarana ilmiah adalah untuk memungkinkan kita melakukan penelaahan ilmiah secara baik, sedangkan tujuan mempelajari ilmu dimaksudkan untuk mendapatkan pengetahuan yang memungkinkan kita untuk bisa memecahkan masalah kita sehari-hari.

Harus dibedakan antara tujuan mempelajari sarana ilmiah dan tujuan mempelajari ilmu. Tujuan mempelajari sarana ilmiah adalah agar dapat melakukan kegiatan penelaahan ilmiah. Untuk memaksimalkan kemampuan manusia dalam berpikir menurut kerangka berpikir yang  benar maka diperlukan pengetahuan tentang sarana berpikir ilmiah dengan baik pula. Manusia mempelajari ilmu agar dapat menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang terjadi dalam kehidupannya. Manusia dapat meningkatkan kemakmuran hidupnya dengan ilmu yang telah dipelajarinya.

  1. Fungsi Sarana Berpikir Ilmiah

Fungsi sarana berpikir ilmiah adalah membantu proses metode ilmiah, dan bukan merupakan ilmu itu sendiri. Sarana berpikir ilmiah mempunyai fungsi-fungsi yang khas dalam kegiatan ilmiah secara menyeluruh dalam mencapai suatu tujuan tertentu. Keseluruhan tahapan kegiatan ilmiah membutuhkan alat bantu berupa sarana berpikir ilmiah. Sarana  berpikir ilmiah hanyalah alat bantu bagi manusia untuk berpikir ilmiah agar memperoleh ilmu. Sarana berpikir ilmiah bukanlah suatu ilmu yang diperoleh melalui proses kegiatan ilmiah


Sumber: https://student.blog.dinus.ac.id/handay/seva-mobil-bekas/