TUGAS ADMIN SOSIAL MEDIA

TUGAS ADMIN SOSIAL MEDIA

TUGAS ADMIN SOSIAL MEDIA

TUGAS ADMIN SOSIAL MEDIA

Seiring berkembangnya teknologi dalam kehidupan sehari-hari masyarakat sosial media sekarang tidak hanya berfungsi sebagai jejaring pertemanan, namun juga membantu untuk meningkatkan citra merek sebuah perusahaan.

Secara umum admin sosial media bertugas untuk mengatur dan mengelola akun sosial media miliki perusahaan agar mendapatkan citra merek yang baik dari para calon costumer. Hal ini menjadikan tugas admin sosial media sangat berbeda dengan admin kantoran pada umumnya dikarenakan akan juga mengurusi masalah branding, dan costumer servicing bahkan pada perusahaan yang layanannya benar-benar secara online admin juga mengurusi masalah marketing,.

Secara spesifik tugas admin sosial media adalah:

  • MERANCANG KONTEN

Untuk membentuk citra merek yang baik konten dalam akun sosial media sebuah perusahaan harus dirancang secara cermat. Admin tidak bisa hanya asal membuat status seperti di akun media sosial pribadi. Postingan yang dibuat admin harus disesuaikan dengan karakteristik para follower  atau calon costumer yang memantau sosial media perusahaan.

Contoh dari perancangan konten yang baik adalah saat hari besar atau hari perayaan, aku sosial media perusahaan akan membuat postingan tentang hari raya tersebut meskipun tidak harus berhubungan dengan produk. Hal seperti ini akan meningkatkan citra merek di mata para calon costumer.

  • BERKOMUNIKASI DENGAN CALON COSTUMER

Dengan menampilkan iklan produk melalui sosial media akan mempermudah calon costumer untuk berkomunikasi dengan pihak perusahaan. Admin sosial media bertugas memberikan respon terhadap segala pertanyaan atau pernyataan dari calon costumer. Respon yang diberikan admin harus sesegera mungkin dan harus terdengar positif.

Respon disampaikan dengan cara negatif sangat berpotensi menurunkan citra merek perusahaan terutama karena di sosial media segala hal sangat mudah untuk dibagikan, sehingga jika ada costumer yang tidak puas dengan respon admin yang negatif dapat disebar sehingga menyebabkan munculnya stigma negatif pada perusahaan.

  • MELAKUKAN EVALUASI TERHADAP KECENDERUNGAN FOLLOWER

Meskipun simpel namun hal ini penting demi efektifnya sosial media perusahaan. Contohnya adalah waktu posting yang pas. Apabila postingan yang dilakukan sosial media perusahaan selalu pada jam dimana para follower  jarang aktif maka postingan tersebut akan dilihat sedikit orang dan kurang efektif.

Dengan memperhatikan jam-jam follower ramai dan aktif di sosial media membuat setiap postingan lebih efektif karena dilihat banyak orang. Kecenderungan follower bukan hanya soal waktu namun juga jenis postingan, admin harus bisa melakukan analisa postingan dalam bentuk apa yang paling disukai follower, apakah dalam bentuk gambar, poster, video atau teks.

Umumnya pada perusaaan yang besar ataupun startup tugas dalam mengelola sosial media bukan hanya dipegang oleh admin namun sudah dibagi-bagi menjadi beberapa  jobdesk seperti Social Media Analyst yang bertugas memantau tren yang berjalan dan menganalisa kompetitor, Social Media Marketing yang fokus bertugas merancang branding sedangkan Social Media Admin hanya bertugas mengelola konten.


Sumber: https://bingo.co.id/facebook-uji-fitur-pengenal-wajah/