TUGAS ADMIN PRODUKSI

TUGAS ADMIN PRODUKSI

TUGAS ADMIN PRODUKSI

TUGAS ADMIN PRODUKSI

Beberapa admin ada yang ditempatkan di pabrik atau di bagian produksi, dan jobdesk admin ini pun berbeda dengan admin kantoran. Secara umum tugas admin produksi adalah mengubah data dari bahan baku sampai data dari barang jadi. Secara spesifik tugas admin produksi atau pabrik adalah:

  • MENGUMPULKAN DATA HASIL PRODUKSI

Jobdesk pertama dari admin adalah melakukan penarikan data manual dari operator produksi. Berkas laporan ini umumnya sudah dikumpul ke supervisor masing-masing bagian produksi. Admin umumnya hanya bertugas merapikan data .

  • MEMPROSES DATA

Apabila data dari operator produksi telah terkumpul dan tertata oleh admin maka admin bertugas melakukan input data ke software. Umumnya software yang digunakan adalah spreadsheet seperti Microsoft Excel.

Data ini kemudian diproses untuk melakukan berbagai evaluasi seperti menghitung efektivitas kerja mesin, menghitung etos kerja pegawai, menghitung perbandingan perubahan bahan baku terhadap barang jadi hasil produksi serta limbah.

  • MELAKUKAN KONTROL KESESUAIAN PADA PROSES PRODUKSI TERHADAP DATA TERTULIS

Seorang admin produksi bertugas memantau jalannya produksi dan menyesuaikannya dengan data yang sudah ada. Admin berhak melakukan pengecekan apakah produksi sudah sesuai dengan efektivitas dan efisiensi yang dibutuhkan oleh pabrik, jika terdapat ketidaksesuaian maka admin bertugas melakukan koordinasi dengan operator atau supervisor produksi.

  • MEMBUAT LAPORAN HARIAN

Seluruh data yang sudah dikumpulkan dan kemudian diproses harus disajikan dalam bentuk laporan harian. Laporan harian ini berfungsi agar target bulanan dari produksi di pabrik dapat tercapai. Hasil data yang diproses umumnya disajikan dalam bentuk grafik di laporan, dengan model data seperti ini pimpinan produksi akan mudah dalam melakukan pemantauan dan evaluasi terhadap penurunan dan kenaikan produksi harian.

  • MENYUSUN SHIFT KERJA OPERATOR

Dalam produksi umumnya setiap harinya akan ada 2 atau 3 shift kerja operator. Admin bertugas mengatur operator yang bekerja dalam shift tertentu. Umumnya setiap minggu admin akan melakukan rolling untuk mengubah giliran shift para operator. Admin juga mengubah shift operator jika memang  ada keperluan tertentu,

  • MEMASTIKAN KESESUAIAN JAM LEMBUR OPERATOR PRODUKSI

Pada saat perusahaan produksi sedang mengejar target urgent perusahaan akan meminta agar operator ditambah jam kerjanya. Dalam hal ini admin bertugas untuk mengatur jam lembur dari operator dan menghitung jam lemburnya agar sesuai dengan upah lembur yang harus dibayarkan.

  • Menerima permintaan produk
  • Melakukan pengajuan permintaan bahan baku kepada bagian gudang serta meretur bahan baku
  • Pada akhir bulan produksi melakukan penghitungan fisik
  • Membuat laporan produksi bulanan dan akhir tahun berupa tabel dan grafik produksi
  • Menyiapkan berkas untuk verifikasi ISO dan SPM

Sumber: https://www.loljam.com/driving-zone-apk/