Tit Tot..Tit Tot, Pak Guru Ini Mengajar Sambil Jualan Cilok

Tit Tot..Tit Tot, Pak Guru Ini Mengajar Sambil Jualan Cilok

Tit Tot..Tit Tot, Pak Guru Ini Mengajar Sambil Jualan Cilok

Tit Tot..Tit Tot, Pak Guru Ini Mengajar Sambil Jualan Cilok
Tit Tot..Tit Tot, Pak Guru Ini Mengajar Sambil Jualan Cilok

Senin (25/11/2019) pagi, Suko Wiyono berdiri mematung di depan pintu rumahnya

. Tubuhnya yang gempal dibalut seragam warna coklat keki. Suko seperti mengingat sesuatu. Sejurus kemudian pria yang juga memakai peci warna hitam ini mengambil sepatu yang mulai pudar warnanya. Dalam sekejab, sepatu kusam itu sudah membungkus kakinya.

Suko adalah guru di MI (Madrasah Ibtidaiyah) Thoyib Hidayat, Desa Puton, Kecamatan Diwek, Jombang. Meski semua perlengkapan mengajar sudah siap, Suko tidak buru-buru berangkat pagi itu. Karena Suko harus menyiapkan perlengkapan ‘mengajar’ keduanya. Yakni gerobak cilok/pentol berwarna perak.

Gerobak untuk jualan itu lantas diletakkan di atas sepeda motor.

Sebuah pemandangan yang kontras. Mengenakan seragam guru, namun membonceng gerobak cilok. Namun itulah aktivitas sehari-hari yang dilakoni Suko. Setelah semua siap, sepeda motor Honda keluaran tahun 1990-an itu pun meluncur ke jalan. Suko berangkat dengan penuh percaya diri.
Baca Juga:

Honorer GTT K2 Bojonegoro Minta Kenaikan Tunjangan
Kepala Madrasah Tsanawiyah Konsumsi Sabu
PGRI: Apa Kabar Kenaikan Pangkat Guru Fungsional di Jember Sejak 2016?
Hari Guru Polisi Datangi Sekolah

Matahari belum rata memancarkan sinarnya ketika Suko sampai di halaman sekolah

. Sepeda motor berisi gerobak itu diparkir di tempat biasanya. Dia memasuki ruangan guru. Bel tanda masuk sekolah berdentang, guru kelas 1 MI Thoyib Hidayat ini sudah berdiri di pintu kelas.

Setiap murid yang memasuki kelas, disambutnya dengan salaman. Bukan itu saja, usai berjabat tangan, dilanjut dengan salam tos. Tangan guru dan murid saling menghantam hingga menimbulkan bunyi plak. Itu dilakukan secara bergiliran. Satu per satu, kepada setiap murid yang memasuki kelas.

Di kelas itulah Suko memberikan pelajaran kepada murid-muridnya. Semuanya berlangsung alamaiah. Suko menerangkan sembari menuliskan pelajaran di papan, sementara murid-muridnya menyimak dengan seksama. “Hari ini pelajaran tematik anak-anak,” kata Suko memulai pelajarannya.

 

Sumber :

https://mycourses.hult.edu/eportfolios/55933/Home/Definition_Objectives_and_Monetary_Policy_Instruments