Tiga Isu Untuk Pendidikan

Tiga Isu Untuk Pendidikan

Tiga Isu Untuk Pendidikan

Tiga Isu Untuk Pendidikan
Tiga Isu Untuk Pendidikan
  1. 1.      Kebudayaan Ideal dan kebudayaan Nyata

Kebudayaan ideal adalah kebudayaan yang  pantas disetujui oleh masyarakat dan dlestarikan dan mempengaruhi tingkat pengetahuan dan meliputi sistem ide atau gagasan yang terdapat dalam pikiran manusia sedangkan Kebudayaan Nyata adalah kebudayaan yang terlihat dan aktual  mempengaruhi tingkat pengetahuan dan meliputi sistem ide atau gagasan yang terdapat dalam pikiran manusia.

  • Konflik dalam kebudayaan

Tidak ada satu kebudayaan yang terintegrasi secara penuh  kebudayaan ideal pasti akan bebeda dari praktek-prakteknya.setiap kebudayaan mengesahkan bagi anggota-anggotanya cita-cita tertentu dan norma-norma tertentu. Namun karena sebuah kebudayaan telah mengesahkan norma-norma tertentu hal tersebut tidaklah berarti bahwa norma-norma tersebut  selalu dipenuhi dan kemudian satu kebudayaan menekankan kepada anggota-anggotanya untuk memusatkan perhatian kepada tujuan-tujuan dan makin kurang menekankan norma-norma untuk mencapainya,dengan demikian kebudayaan diancam disorganisasi sampai mungkin mencapai suatu keadaan yang dinamakan Durkhen-anomi atau keadaan tanpa norma.

  • Konflik dalam pendidikan

Konflik  yang terjadi dalam dunia pendidikan ini berpusat pada pada proses pembelajaran dalam menyampaikan nilai-nilai kebudayaan dan tujuan anak-anak yang salah didik terkhusus dalam lingkungan sekolah.

  1. 2.      Nilai-Nilai Tradisional dan Nilai-Nilai Baru

Nilai-nilai tradisional adalah nilai-nilai yang masih tidak dipengaruhi dengan perkembangan IPTEK  sedangkan nilai-nilai baru adalah nilai-nilai yang dipengaruhi dengan perkembangan IPTEK

  • Konflik dalam Kebudayaan

Konflik yang terjadi adalah yaitu berpusat pada ketika kebudayaan itu berubah yang menimbulkan pertentangan antara masyarakat yang satu dengan yang lainnya terhadap nilai-nilai tradisonal dan nila-nilai baru

  • Konflik dalam pendidikan

Konflik yang terjadi berfokus pada kecenderungan guru-guru melakukan proses belajar mengajar atau dalam mendidik masih menggunakan nilainilai tradisional terkhusus pada guru-guru tua tidak sama dengan guru-guru muda .

  1. 3.      Nilai-nilai Dominan dan Nilai-nilai Minoritas

Nilai-nilai dominan adalah  nilai yang dianggap lebih penting daripada nilai lainnya sedangkan nilai-nilai minoritas adalah nilai yang secara umum tidak dianggap penting daripada nilai-nilai lainnya atau nilai-nilai yang tidak dominan.

  • Konflik dalam Kebudayaan

Secara umum konflik dalam kebudayaan yang terjadi adalah berfokus pada budaya kelas menengah ,banyak orang dipisahkan dari kebudayaan tersebut oleh kemiskinan,ras dan kekurangan pendidikan.

  • Konflik dalam Pendidikan

Secara umum konflik pendidikan yang terjadi adalah berfokus pada pada nilai-nilai kelas menengah yang secara tidak langsung menekan anak-anak dalam proses pembelajaran dan dalam berkomunikasi dengan orang lain.

Sumber : https://andyouandi.net/