Tata Cara Sholat Tahajud yang Baik dan Benar

Tata Cara Sholat Tahajud yang Baik dan Benar

Tata Cara Sholat Tahajud yang Baik dan Benar

Tata Cara Sholat Tahajud yang Baik dan Benar
Tata Cara Sholat Tahajud yang Baik dan Benar

 

Shalat tahajud

merupakan shalat sunnah yang sangat dianjurkan bagi umat islam. Shalat yang dikerjakan pada waktu 1/2, 1/3, 1/4 malam ini memiliki banyak keajaiban dan keutamaan bagi yang mengerjakan. Nah diartikel kali ini akan membahas tata cara shalat tahajud beserta bacaan sholat tahajud yang baik dan benar.

Waktu Sholat Tahajud

Untuk pelaksanaannya, Shalat tahajud adalah shalat yang dilaksanakan setelah bangun tidur dan seletah shalat isya. Ada tiga pembagian waktu dalam shalat tahajud, yaitu sebagai berikut;
dilaksanakan pada sepertiga malam pertama dari waktu mulai isya sampai jam 22.00. (saat utama)
sepertiga malam kedua, dari jam 22.00 sampai 01.00. (lebih utama)
sepertiga malam ketiga/ terkahir yaitu dari jam 01.00 sampai dengan sebelum waktu sholat subuh. (paling utama).

Diantara pembagian waktu tersebut, sepertiga malam terakhir adalah waktu yang paling utama untuk mengerjakan shalat tahajud. dimana waktu tersebut Allah SWT turun dari langit ke dunia lalu dia berfirman: “Adakah orang yang berdoa agar Aku mengabulkan doanya?” (HR Bukhari 3/25-26).
Tata Cara Sholat Tahajud
1. Niat Sholat tahajud, sebenernya tidak ada riwayat bahwa nabi mengaharuskan untuk melafadzkan niat, Sesungguhnya Niat harus dilakukan di dalam hati pada saat takbiratur ihram. Untuk melengkapi saja, berikut bacaannya yaitu

Ushallii sunnatat-tahajjudi rak’ataini lillaahi ta’aalaa.

Terjemahan Doa Niat Sholat Tahajud

Artinya: “Aku niat shalat sunat tahajud dua rakaat karena Allah”

2. Membaca Surah Al-Fatihah
3. Membaca salah satu surah di dalam Al-Qur’an, seperti Surah Al-Ikhlas, Surah Al-Kafirun, dll.
4. Dilanjutkan ruku, i’tidal, sujud dll. seterusnya dilakukan sama seperti Tata Cara Shalat Fardhu pada umumnya.

Baca Juga: https://www.pendidik.co.id/doa-sebelum-belajar/

Doa Shalat Tahajud

Setelah selesai sholat, membaca istigfar, dzikir dll seperti bacaan dzikir shalat fardu lainnya kemudian dilanjutkan doa khusus shalat tahajud yaitu;
doa shalat tahajud
Doa Shalat Tahajud (Arab)

Dalam huruf latin:

“Allahumma lakal hamdu Anta nuurussamaawaati wal ardhi wa man fiihinna. Walakal hamdu Anta Qoyyimussamaawaati wal ardhi wa man fihinna. Walakal hamdu Anta robbussamaawaati wal ardhi wa man fiihinna Walakal hamdu Anta mulkussamaawaati wal ardhi wa man fiihinna Walakal hamdu Anta mulikussamaawaati wal ardhi Walakal hamdu, Antal haqqu wa wa’dukal haqqu, wa qoulukal haqqu, wa liqoo ukal haqqu. Waljannatu haqqun wannaaru haqqun Wannabiyyuuna haqqun, wa Muhammadun haqqun, wassaa ‘atu haqqun. Allahumma laka aslamtu. Wa ‘alaika tawakkaltu. Wabika aamantu . Wa ilaika aanabtu. Wabika Khooshomtu. Wa ilaika haakamtu. Faghfirliiy maa qoddamtu wa maa akhkhortu. Wa maa asrortu wa maa a’ lantu. Antal muqoddimu wa Antal mu akhkhiru. Laa ilaa ha illaa anta Anta ilaahii Laa ilaaha illaa Anta.”

Berikut Terjemahan doa setelah Shalat Tahajud

“Ya, Allah! Bagi-Mu segala puji, Engkau cahaya langit dan bumi serta seisinya. Bagi-Mu segala puji, Engkau yang mengurusi langit dan bumi serta seisinya. Bagi-Mu segala puji, Engkau Tuhan yang menguasai langit dan bumi serta seisinya. Bagi-Mu segala puji dan bagi-Mu kerajaan langit dan bumi serta seisi-nya. Bagi-Mu segala puji, Engkau benar, janji-Mu benar, firman-Mu benar, bertemu dengan-Mu benar, Surga adalah benar (ada), Neraka adalah benar (ada), (terutusnya) para nabi adalah benar, (terutusnya) Muhammad adalah benar (dari-Mu), peristiwa hari kiamat adalah benar. Ya Allah, kepada-Mu aku pasrah, kepada-Mu aku bertawakal, kepada-Mu aku beriman, kepada-Mu aku kembali (bertaubat), dengan pertolongan-Mu aku berdebat (kepada orang-orang kafir), kepada-Mu (dan dengan ajaran-Mu) aku menjatuhkan hukum. Oleh karena itu, ampunilah dosaku yang telah lalu dan yang akan datang. Engkaulah yang mendahulukan dan mengakhirkan, tiada Tuhan yang hak disembah kecuali Engkau, Engkau adalah Tuhanku, tidak ada Tuhan yang hak disembah kecuali Engkau”.

Setelah membaca doa shalat tahajud diatas, dianjurkan untuk membaca doa kebaikan dunia dan akhirat

رَبَّنَآ ءَاتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى الْءَاخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Artinya : “Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka”.(QS, 2:201).