Sumber

Table of Contents

 Sumber


Merupakan orang yang mempunyai kebutuhan untuk berkomunikasi, yakni keinginan untuk membagi keadaan internal sendiri, baik yang bersifat emosional maupun informasional dengan diri sendiri. Kebutuhan ini bisa berupa keinginan untuk memperoleh pengakuan sosial sampai pada keinginan untuk mempengaruhi sikap dan tingkah laku orang lain.

2.    Meng-encode

Karena keadaan internal tidak dapat dibagi bersama secara langsung, maka diperlukan simbol-simbol yang mewakili. Encoding adalah suatu aktivitas internal pada sumber dalam menciptakan pesan melalui pemilihan pada simbol-simbol verbal dan nonverbal, yang disusun berdasarkan aturan-aturan tata bahasa dan sintaksis yang berlaku pada bahasa yang digunakan.
3.    Pesan
Merupakan hasil encoding. Pesan adalah seperangkat simbol-simbol verbal atau nonverbal yang mewakili keadaan khusus sumber pada satu dan tempat tertentu.
4.    Saluran
Merupakan sarana fisik penyampaian pesan dari sumber kepada penerima atau yang menghubungkan orang kepada orang lain secara umum.
5.   Penerima
Penerima adalah orang-orang yang menerima pesan  dengan demikian terhubungkan dengan sumber pesan. Penerima pesan bisa orang yang dimaksud oleh sumber atau orang lain yang kebetulan mendapatkan kontak juga dengan pesan yang dilepaskan oleh sumber dan memasuki saluran.
6.    Men-decode
Decoding merupakan bagian kegiatan internal dari penerima. Melalui indera, penerima mendapatkan macam-macam data dalam bentuk mentah, yang harus di ubah kedalam pengalaman-pengalaman yang mengandung makna.
7.    Respons penerima
Merupakan suatu yang telah diputuskan oleh penerima untuk dilakukan terhadap pesan. Respons dapat bervariasi sepanjang dimensi minimum sampai maksimum.
8.   Balikan (feedback)
Merupakan informasi bagi sumber sehingga ia dapat menilai efektivitas komunikasi untuk selanjutnya menyesuaikan diri dengan situasi yang ada.
9.   Gangguan (noise)
Gangguan beraneka ragam, untuk itu harus dioperasionalkan dan dianalisis kemungkinan terjadinya kegagalan komunikasi. Noise dapat masuk kedalam sistem komunikasi manapun, merupakan segala sesuatu yang mengganggu atau membuat kacau penyampaian pesan, termasuk yang bersifat pisik dan psikis.

sumber :