Suatu Model Pernyataan Kebutuhan

 Suatu Model Pernyataan Kebutuhan

Suatu pernyataan kebutuhan merupakan suatu pernyataan yang normatif sekaligus deskriptif yang mencerminkan baik nilai/ideologi maupun pengetahuan dari penentu kebutuhan. Ini berarti bahwa setiap model pernyaataan kebutuhan harus mempertimbangkan identitas penentu kebutuhan. Biasanya terdapat empat kelompok yang terlibat dalam pendefinisian kebutuhan tingkat komonitas yaitu populasi keseluruhan, pengguna layanan (konsumen), atau calon pengguna layanan dari layanan atau fasilitas yang dibutuhkan, pemberi layanan yaitu mereka yang bisnisnya adalah kebutuhan masyarakat, dan peneliti dan perencana yang menyimpulkan kebutuhan berdasarkan statistik, hasil-hasil survei daan data lainnya.

Sebagai hasil, seseorang dapat menurunkan suatu model pernyataan kebutuhan berdasarkan atas empat kelompok penentu-kebutuhan tersebut, yang merupakan suatu cara berpikir yang bermanfaat tentang bagaimana kebutuhan didefinisikan dalam mmasyarakat.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pendefinisian populasi dan pendefinisian pengguna-layanan adalah yang paling penting, dan harus mengungguli bentuk-bentuk penndefinisian yang lain jika tidak ingin mengorbankan HAM atau prinsip-prinsip keadilan sosial yang lain. Suatu landasan bagi pengembangan masyarakat mensyaratkan bahwa masyarakat memiliki kapasitas untuk mendefinisikan kebutuhan-kebutuhan mereka sendiri, dan untuk bertindak memenuhinya harus memiliki hak untuk berpartisipasi. Peranan para profesional, hanya sebatas membantu masyarakat mendefinisikan kebutuhan mereka sendiri, bukanlah mengambil tanggungjawab dalam pendefinisian kebutuhan.

v  Gagasan Universal dan Relatif dari Kebutuhan

Gagasan relatif dari kebutuhan manusia yaitu bahwa kebutuhan itu beragam bergantung pada keadaan pada saat pendefinisian dan bahwa tidak ada hal yang disebut sebagai kebutuhan universal manusia. Pada pihak lain, posisi universal bertahan bahwa terdapat kebutuhan yang secara umum dimiliki oleh semua manusia, dan bahwa paling tidak beberaa pernyataan kebutuhan universal adalah sah.

sumber :

https://nashatakram.net/layanan-otomotif-seva-id/