Strategi Harga

Strategi Harga

  1. Makna dan Pentingnya Harga

Harga jelas penting bagi pelanggan. Bagi sebagian pelanggan, dengan hargamereka memutuskan apa yang akan dibeli, sementara yang lain lebih tertarik padafitur produk, manfaat dan citra yang melekat pada produk. Harga juga membantu mengindikasikan kualitas suatu produk.

Penetapan hargajuga penting bagi organisasi. Harga berdampak pada profitabilitas, bagian pasar, dan posisi persaingan. Namun, focus pada penetapan harga, dengan meninggalkan spek-aspek pmasran lainnya, dapat menjerumuskan organisasi dalam perang harga, yang pada akhirnya membawakehancuran semua pihak yang terlibat.

Penetapan harga penting bagi keseluruhan ekonomi. Harga mempunyai dampak langsung ataupun tidak lansung terhadap sewa, tingkat suku bunga, labadan upah, serta factor-faktor lain yang terkait dengan produksi.

  1.  Tujuan Utama Penetapan Harga dan Faktor-faktor yang Memengaruhi Harga

Semua kegiatan pemasaran dirancang dan diterapkan dalam kaitannya dengan tujuan. Tujuan-tujuan ini bisa dinyatakan dalam kaitannya dengan laba(tingkat kembalian yang ditargetkan atau untuk memaksimalkan laba), dalamkaitannya dengan penjualan (meningkatkan volume penjualan atau mempertahankan atau meningkatkan bagian pasar), atau untuk mempertahankan status quo (menstabilkan harga atau mengikuti persaingan).

Setelah tujuan penetapan harga dipastikan, selanjutnya perusahaan perlu menentukan harga dasar atau harga bandrol-nya. Dari harga tersebut, perusahaan dapatmempertimbangkan isu-isu seperti bagaimana memasukan biaya transportasi, diskon, permintaan, reaksi peasing, promosi dan aspek-aspek bauran pemasaran lainnya.

sumber :
https://www.belajarbahasainggrisku.id/picsart-pro/