Sosialisasi politik: metode, fungsi, mekanisme, cara

Definisi sosialisasi politik
Buka baca cepat

Sosialisasi politik adalah bagian penting dari metode politik, karena seseorang dengan sosialisasi politik dapat mempelajari politik dengan cara yang dapat dipahami dan tidak dapat dipahami oleh masing-masing orang tersebut. Definisi lain dari sosialisasi politik adalah metode dimana orang memperoleh pengetahuan tentang politik dan meningkatkan adaptasi mereka terhadap politik.

Pahami sosialisasi politik, menurut para ahli

Sosialisasi-politik-metode-fungsi-mekanisme-cara

Berikut beberapa pendapat ahli tentang pentingnya sosialisasi politik, yaitu sebagai berikut:
1. Setelah Ramlan Surbakti

Menurut Ramlan Surbakti, sosialisasi politik merupakan metode pembentukan perilaku politik dan adaptasi sebagian masyarakat.

2. Setelah Kenneth P. Langton

Menurut Kenneth P. Langton, sosialisasi politik merupakan cara masyarakat untuk melanggengkan budaya politik yang berlabuh dan terintegrasi di negaranya.
3. Menurut Kweit

Menurut Kweit, sosialisasi politik adalah cara seseorang mempelajari politik.
4. Menurut David Easton dan Jack Dennis

Menurut David Easton dan Jack Dennis, sosialisasi politik merupakan metode pemberdayaan individu untuk mencapai penyesuaian dan perilaku politik.

5. Menurut Richard E. Dawson

Menurut Richard E. Dawson, sosialisasi politik adalah pemeliharaan pengetahuan, nilai-nilai, dan filosofi politik dari orang tua, guru, dan alat sosialisasi lainnya bagi warga baru dan mereka yang sedang bertumbuh.
Metode sosialisasi politik

Berikut 2 cara dalam sosialisasi politik, yaitu sebagai berikut:
Baca lebih lanjut: Umbi akar

Pendidikan politik

Pendidikan kewarganegaraan adalah metode percakapan di mana anggota masyarakat mengetahui dan mengejar nilai, norma, dan ikon politik negara mereka. Ini biasanya dilakukan melalui kegiatan pendampingan, kepemimpinan, dialog dan kontribusi di berbagai konferensi resmi dan informal

READ  Pengertian tawakal: sumber, rukun, derajat, manfaat, jenis

Indoktrinasi politik

Indoktrinasi politik adalah metode sosialisasi yang dengannya warga negara dimobilisasi dan dioperasikan untuk bereaksi terhadap nilai, norma, dan ikon politik. Ini biasanya terjadi melalui tekanan psikologis ke satu arah.
Fungsi sosialisasi politik

Berikut adalah fungsi sosialisasi politik, yaitu sebagai berikut:

Menciptakan budaya politik suatu bangsa
Pertahankan budaya politik suatu bangsa
Mengubah budaya politik suatu bangsa

Badan Sosialisasi Politik

Berikut 5 aktor dalam sosialisasi politik, yaitu sebagai berikut:
1. Keluarga

Keluarga harus membuat peraturan politik untuk setiap orang.
2. Sekolah

Sekolah-sekolah berbagi pengetahuan mereka dengan generasi muda masa depan suatu bangsa tentang dunia politik dan kewajiban mereka di dalamnya, dan berbagi ajaran yang lebih rinci tentang organisasi dan struktur politik.
3. Kelompok sosial

Kelompok sosial dapat berupa kelompok bermain, kelompok pertemanan, dan kelompok kerja. Saat seseorang berjalan melalui kelompok sosial, mereka dapat belajar beradaptasi dengan perilaku yang diyakini kelompok tersebut.
4. Lingkungan kerja

Ini paling penting di lembaga resmi dan tidak resmi yang didirikan atas dasar pekerjaan, seperti serikat pekerja, serikat pekerja, dan lain-lain. Institusi semacam itu seringkali mencerminkan seseorang dalam kehidupan politik.
5. Media massa

Pengetahuan dan informasi politik dapat diperoleh melalui media massa. Selain itu, media massa merupakan cara efektif untuk menciptakan perilaku politik dan cita-cita warga masyarakat.
Mekanisme sosialisasi politik

Mekanisme sosialisasi politik mengandung pentingnya metode atau teknik untuk pemeliharaan atau pembentukan nilai-nilai politik bagi individu atau anggota masyarakat guna memperkuat dan membimbing orientasi politik yang ada di dalamnya.

Menurut Robert Le Vine, ada tiga mekanisme untuk mensosialisasikan perkembangan politik:

Imitasi, yaitu proses sosialisasi dengan meniru tingkah laku orang lain, sangat penting untuk sosialisasi masa kanak-kanak.
Mengajar mengacu pada proses sosialisasi melalui proses pembelajaran, baik formal (di sekolah), informal (pendidikan dalam keluarga), dan non-formal (diskusi kelompok, organisasi, dll).
Motivasi merupakan mekanisme proses sosialisasi yang berkaitan dengan pengalaman individu pada umumnya dan yang secara langsung mendorong mereka untuk belajar dari pengalamannya tentang tindakan sesuai dengan sikap dan pendapatnya sendiri.

READ  Pengertian Peta, Fungsi, Komponen, Jenis

Sosialisasi politik artinya

Berikut beberapa sarana sosialisasi politik, yaitu:
1. F.

 

LIHAT JUGA :

https://teknologia.co.id/
https://butikjersey.co.id/
https://kabarna.id/
https://manjakani.co.id/
https://sewamobilbali.co.id/
https://deevalemon.co.id/
https://cipaganti.co.id/
https://pulauseribumurah.com/
https://pss-sleman.co.id/
https://mitranet.co.id/