Sejarah Candi Borobudur Lengkap

Sejarah Candi Borobudur Lengkap

Sejarah Candi Borobudur Lengkap

Sejarah Candi Borobudur Lengkap
Sejarah Candi Borobudur Lengkap

Dua tahun setelah Krakatau meletus tepatnya pada tahun 1885 Candi Borobudur kembali menarik perhatian masyarakat umum, melalui Ketua Masyarakat Arkeologi Yogyakarta Yzerman menemukan bagian kaki candi yang tersembunyi. Didasarkan atas penemuan ini, pemerintah Hindia Belanda mengambil kebijakan untuk menjaga kelestarian monumen ini, tahun 1900 pemerintahan membentuk komisi tiga yang terdiri dari Brandes, seorang sejarawan seni, Theodoor van Erp, seorang insinyur yang juga anggota tentara Belanda, dan Van de Kamer, insinyur ahli konstruksi bangunan dari Departemen Pekerjaan Umum.

Kurun waktu 1902-1911

komisi ini melakukan pemugaran diawali dengan mengajukan proposal tiga langkah rencana pelestarian Borobudur kepada pemerintah Hindia Belanda. Langkah pertama mengatur kembali sudut-sudut bangunan serta memindahkan batu yang membahayakan batu lain. Langkah kedua memagari halaman candi serta memperbaiki dan memlihara saluran sistem drainase, untuk langkah ketiga atau terakhir semua batuan lepas dan longgar harus dipindahkan, monumen ini dibersihkan hingga pagar langkan pertama, batu yang rusak dipindahkan dan stupa utama dipugar.

Kemudian pada tahun 1975-1982 pemerintah Indonesia melakukan pemugaran Candi Borobudur

Badan dunia UNESCO turut membantu dalam pemugaran candi tersebut dengan melakukan renovasi yang menghabiskanĀ  biaya 7.000.000 dollar AS dan melibatkan 600 orang lebih.

Setelah renovasi pada tahun 1991, UNESCO kemudian memasukan Candi Borobudur dalam jajaran keajaiban dunia. Candi ini masuk dalam kategori budaya yang merepresentasikan beberapa kriteria mewakili mahakarya kretivitas manusia yang jenius, menampilkan pertukaran penting dalam nilai-nilai manusiawi dalam rentang waktu tertentu di dalam suatu wilayah budaya di dunia, dalam pembangunan arsitektur dan teknologi, seni yang monumental, perencanaan tata kota dan rancangan lansekap serta mencakup karya seni sastra yang memiliki makna universal yang luar biasa.

Pencapaian ini menjadi titik kebangkitan Borobudur dan menjadi wisata andalan Yogyakarta

Berbagai wisatan domestik maupun mancanegara beratangan untuk melihat warisan leluhur ini. Nah Sobat, semakin merasa pintar bukan setelah Menelusuri Sejarah Berdiri Candi Borobudur ini. Jadi kita tidak hanya sekedar memiliki namun tidak mengetahui bagaimana sejarah karya indah manusia ini. Semoga informasi ini bermanfaat menambah pengetahuan sobat semua.

Baca juga artikel: