Rusia Berhasil Uji Internet, Kebebasan di Rusia Makin Terkekang

Rusia Berhasil Uji Internet, Kebebasan di Rusia Makin Terkekang

Rusia Berhasil Uji Internet, Kebebasan di Rusia Makin Terkekang

Rusia Berhasil Uji Internet, Kebebasan di Rusia Makin Terkekang
Rusia Berhasil Uji Internet, Kebebasan di Rusia Makin Terkekang

MOSKOW – Pemerintah Rusia mengumumkan negaranya telah berhasil menguji alternatif di seluruh dunia untuk internet global. Rincian tes yang terlibat tidak jelas, tapi menurut Departemen Komunikasinya, pengguna biasa tidak melihat adanya perubahan.

Inisiatif ini melibatkan pambatasan titik-titik di mana jaringan dari versi Rusia terhubung ke mitra globalnya, memberikan pemerintah lebih banyak kontrol atas apa yang dapat diakses warga negaranya. Nantinya negara menerima layanan web asing melalui kabel bawah laut atau node, yakni titik koneksi di mana data ditransmisikan ke dan dari jaringan komunikasi negara lain. Ini perlu diblokir atau setidaknya diatur.

Bagaimana cara kerja internet domestik? Sebagaimana dilansir

dari laman BBC News, Kamis (26/12/2019), internet tersebut akan membutuhkan kerja sama Internet Service Provider (ISP) dalam negeri dan akan jauh lebih mudah untuk dicapai jika hanya ada segelintir perusahaan milik negara yang terlibat. Semakin banyak jaringan dan koneksi yang dimiliki suatu negara, maka semakin sulit untuk mengontrol akses.

Baca Juga:

Sisternet XL Axiata dan Siberkreasi Lakukan Kelas Edukasi Online
Kecepatan Internet Menurun di Negara-Negara yang Melakukan Lockdown

Di Iran, Jaringan Informasi Nasional memungkinkan akses ke layanan web sambil mengawasi semua konten di jaringan dan membatasi informasi eksternal, dan itu diijalankan oleh perusahaan telekomunikasi milik pemerintah Iran. Salah satu manfaat mengubah secara efektif semua akses internet menjadi “taman bertembok” yang dikontrol pemerintah adalah jaringan privat virtual (VPN) yang sering digunakan untuk menghindari blok tidak akan berfungsi.

Contoh lain dari ini adalah apa yang disebut Great Firewall of China.

Ini memblokir akses ke banyak layanan internet asing yang pada gilirannya telah membantu beberapa raksasa teknologi dalam negeri membangun diri.

Rusia sudah menjadi juara teknologi sendiri, seperti Yandex dan Mail.Ru,

tetapi perusahaan lokal lain juga mungkin mendapat manfaat. Negara itu juga berencana untuk membuat Wikipedia sendiri dan politisi telah mengesahkan undang-undang yang melarang penjualan ponsel cerdas yang tidak memiliki perangkat lunak Rusia yang sudah diinstal sebelumnya.

 

sumber :

https://abovethefraymag.com/glimmer-apk/