Ruang lingkup Psikologi Pendidikan

Ruang lingkup Psikologi Pendidikan

Psikologi pendidikan pada asasnya adalah sebuah disiplin psikologi yang khusus mempelajari, meneliti, dan membahas seluruh tingkah laku manusia yang terlibat dalam proses pendidikan tingkah laku belajar oleh siswa, tingkah laku mengajar oleh guru, dan tingkah laku belajar mengajar oleh guru dan siswa yang saling berinteraksi.[6]

Secara garis besar, banyak ahli yang membatasi pokok-pokok bahasan psikologi pendidikan menjadi tiga macam.

  1. Pokok bahasan mengenai “belajar”, yang meliputi teori-teori, prinsip-prinsip, dan cirri-ciri khas perilaku belajar siswa, dan sebagainya.
  2. Pokok bahasan mengenai “proses belajar”, yakni tahapan perbuatan dan peristiwa yang terjadi dalam kegiatan belajar siswa.
  3. Pokok bahasan mengenai “situasi belajar”, yakni suasana dan keadaan lingkungan baik bersifat fisik maupun nonfisik yang berhubungan dengan kegiatan belajar siswa.[7]

        Objek utama dalam psikologi pendidikan adalah manusia, karena sifat-sifat manusia yamg sangat komplek dan unik, maka obyek psikologi biasanya dibedakan menjadi 2 macam:

  1. Objek material,yakni objek yang dipandang secara keseluruhannya.
  2. Objek formal,  yakni objek yang berbeda-beda menurut perubahan zaman dan pandangan para ahli masing-masing.[8]
  1. Metode Psikologi Pendidikan

Para ahli psikologi pendidikan melakukan riset psikologi di bidang kependidikan dengan memanfaatkan beberapa metode penelitian tertentu seperti; eksperimen, kuesioner, studi khusus, penyelidikan klinis, observasi naturalistic.

  1. Metode eksperimen yaitu serangkaian percobaan yg di lakukan eksperimenter di sebuah laboratoriaum atau di sebuah ruangaan tertentu.[9]
  2. Metode kuesioner yaitu metode surat menyurat (mail survey) kuesioner disebut dengan mail survey karena pelaksanaan penyebaran dan pengambilan sering dikirim ke dan dari responden melalui jasa pos.[10]
  3. Metode studi khusus yaitu sebuah metode penelitian yg buat untuk memperoleh gambaran yang rinci mengenai aspek aspek psikologi seorang siswa atau sekelompok siswa tertentu.
  4. Metode penyelidikan klinis yaitu metode klinis yang hanya di gunakan oleh para ahli pasikologi klinis atau psikiater. [11]
  5. Metode observasi naturalistic yaitu adalah sejenis observasi yang di lakukan secara alamiyah. Dalam hal ini, penelitian berada di luar objek yang di teliti atau tidak menampakan diri sebagai orang yang sedang melakukan penelitian.[12]
  1. Manfaat Psikologi Pendidikan
  2. Untuk mempelajari situasi dalam situs pembelajaran

Psikologi pendidikan memberikan banyak kontribusi kepada pendidik dan calon pendidik untuk meingkatkan efisiensi proses pembelajaran pada kondisi yang berbeda-beda. Misalnya, memahami perbedaan individu peserta didik, menciptakan kelas yang kondusif, dan pemilihan strategi dan metode pembelajaran.

  1. Untuk penerapan prinsip-prinsip belajar mengajar

Diantaranya, menetapkan tujuan pendidikan, penggunaan media pembelajaran, penyusunan jadwal pelajaran dan lain sebagainya.

 

https://ijateng.id/alliance-wars-apk/