Ragam Dan Elemen Kompetensi

Ragam Dan Elemen Kompetensi

Ragam Dan Elemen Kompetensi

Ragam Dan Elemen Kompetensi
Ragam Dan Elemen Kompetensi
Ragam Dan Elemen Kompetensi
Kompetensi Kognitif Kompetensi Afektif Kompetensi Psikomotor
1.  Pengetahun

–     Pengetahuan         kependidikan

–     Pengetahuanbidang studi

2.   Kemampuan mentransfer    strategi kognitif

1. Konsep diri dan harga diri

2.  Sikap terhadap diri sendiri dan orang lain.

1.Kecakapan fisik umum

2.Kecakapan fisik khusus

–   Kecakapan ekspresi verbal

–   Kecakapan ekspresi non verbal

Jadi, untuk menjadi pribadi seorang Guru Pendidikan Agama Islam yang berkompetensi harus bisa memenuhi konsep-konsep dasar tersebut agar proses pendidikan dapat tercapai dengan maksimal.

Kompetensi Dasar Guru Pendidikan Agama Islam Menurut Ulama’

Menurut beberapa ulama’ bahwa ada beberapa kemampuan dan perilaku yang perlu dimiliki oleh guru yang sekaligus merupakan profil guru pendidikan agama Islam (GPAI) yang diharapkan agar dapat menjalankan tugas-tugas kependidikannya dengan baik dan optimal.

Berikut ini akan dikemukakan beberapa pendapat para ulama tentang kompetensi  yang harus dimiliki oleh Guru Pendidikan Agama Islam, yaitu:

Menurut Al Ghazali, mencakup: a) Menyajikan pelajaran dengan taraf kemampuan peserta didik, b) Terhadap peserta didik yang kurang mampu, sebaiknya diberi ilmu-ilmu yang global dan tidak detail.
Menurut Abdurrahman al-Nahlawy, meliputi:a) Senantiasa membekali diri dengan ilmu dan mengkaji serta mengembangkannya, b) Mampu menggunakan variasi metode mengajar dengan baik, sesuai dengan karekteristik materi pelajaran dan situasi belajar mengajar, c) Mampu mengelola peserta didik dengan baik, d) Memahami kondisi psikis dari peserta didik, e) Peka dan tanggap terhadap kondisi dan perkembangan baru.
Menurut Muhammad Athiyah Al-Abrasyi, mencakup: a) Pemahaman tabiat, minat, kebiasaan, perasan, dan kemampuan peserta didik, b) Penguasaan bidang yang diajarkan dan bersedia mengembangkannya.
Menurut Ibnu Taimiyah, mencakup: a) Bekerja keras dalam menyebarkan ilmu, b) Berusaha mendalami dan mengembangkan ilmunya.
Menurut Brikan Barky Al Qurasyi, meliputi a) Penguasaan dan pendalaman atas bidang ilmunya, b) Mempunyai kemampuan mengajar, c) Pemahaman terhadap tabiat, kemampuan dan kesiapan peserta didik.[8]

Jadi, dari beberapa pendapat para ulama tentang kompetensi dasar Guru Pendidikan Agama Islam tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa seorang Guru itu harus pandai dan bisa menguasai dan mengembangkan ilmunya. Selain itu seorang Guru harus bisa mengetahui keadaan psikis seorang peserta didik.

Sumber :