Prinsip Dasar Politik Islam

Prinsip Dasar Politik Islam

Prinsip-prinsip dasar politik islam tercantum dalam QS Al-Nisa (4): 58-59 beberapa prinsip pokok tersebut adalah:

(1)   Prinsip menunaikan amanat: Prinsip ini mengandung kewajiban setiap orang yang beriman agar menunaikan amanat yang menjadi tanggung jawabnya, baik amanat itu dari Tuhan atau pun amanat dari sesama manusia.

(2)   Prinsip keadilan: Prinsip keadilan ini tidak hanya dituntut terhadap kelompok, golongan tertentu atau umat islam saja, tetapi mencakup seluruh umat manusia bahkan seluruh mahluk yang ada di alam ini.

(3)   Prinsip ketaatan kepada Allah, Rasul dan Ulil Amri: Ungkapan ulil amri merupakan frase nominal yang terdiri dari dua kata: ulu dan al-amr. Ulu bearti pemilik, al-amr bearti perintah, tuntutan melakukan sesuatu, keadaan atau urusan.

(4)   Prinsip merujuk kepada Allah dan Rasul jika terjadi perselisihan: Prinsip ini menekankan agar perselisihan yang terjadi di antara manusia diselesaikan dengan berpedoman kepada Al-Quran dan Sunnah

  • Ruang Lingkup Pembahasan Siyasah

Pada garis besarnya, obyek pembahasa sistem politik islam meliputi

(1)   Siasah “dusturiyyah” atau dalam fikih modern disebut hukum tata negara

(2)   Siasah “dauliyyah” atau biasa disebut hukum internasional dalam islam

(3)   Siasah “maaaliyyah” yaitu hukum yang mengatur tentang pemasukan, pengelolaan, dan pengeluaran uang milik Negara.

2.4. Model-model Birokrasi

  1. Model Birokrasi Klasik

Tokoh yang menyumbangkan pemikiran-pemikirannya dalam model birokrasi klasik ini diantaranya adalah F.W. Taylor, Wilson, Max Weber dan Gullick Urwick.

Pemikir dalam model klasik ini memandang bahwa, birokrasi adalah suatu usaha dalam mengorganisir berbagai pekerjaan agar terselenggara dengan teratur.Pekerjaan ini bukan hanya melibatkan banyak personil (birokrat), tetapi juga terdiri dari berbagai peraturan dalam penyelenggaraan tugas pemerintahan.Birokrasi diperlukan agar penyelenggaraan tugas pemerintahan tersebut terlaksana secara efisien, efektif dan ekonomis.

sumber :

https://9apps.id/