PPDB Jalur NHUN Segera Dimulai, Berikut Tips Memilih SMK

PPDB Jalur NHUN Segera Dimulai, Berikut Tips Memilih SMK

 

PPDB Jalur NHUN Segera Dimulai, Berikut Tips Memilih SMK

Jalur Nilai Hasil Ujian Nasional (NHUN) pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) sudah di depan mata. Pendaftaran di buka selama 5 hari yaitu pada Kamis, Jumat, Sabtu, Senin, Selasa, 5, 6, 7, 9, 10 Juli 2018.

Pada PPDB tahun ini, para calon peserta didik akan memilih melanjutkan ke jenjang pendidikan SMA ataupun SMK. Kali ini kita akan membahas tentang tips memilih SMK untuk para calon peserta didik jalur NHUN

1. Sesuaikan Minat dan Bakat

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah SMK yang dipilih sesuai dengan minat dan bakat. SMK memiliki beragam jurusan yang dapat dipilih oleh calon peserta didik. Dengan minat dan bakat yang telah dimiliki, tentunya memudahkan kita dalam memilih berbagai macam jurusan yang SMK tawarkan.

2.Tujuan Setelah Lulus SMK

Sebagian besar para siswa lulusan SMK, memilih untuk langsung bekerja sesuai jurusan yang telah ia pelajari. Keterampilan tersebut menjadi nilai tambah untuk siswanya memasuki dunia kerja. Selain bekerja, siswa SMK juga memiliki kesempatan untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi ataupun berwirausaha. Karena hal tersebut tentunya para calon siswa SMK perlu sedari dini untuk menentukan tujuan setelah lulus SMK kelak.

3. Cek Seleksi Persyaratan Khusus

Di beberapa SMK terdapat seleksi persyaratan khusus untuk menunjang jurusan yang akan dipilih calon peserta didik. Contohnya adalah tes buta warna, tes tinggi badan, ataupun tes yang lainnya. Sebelum mendaftarkan diri di SMK yang kita mau, pastikan apakah ada seleksi persyaratan khusus di SMK tersebut. Hal ini perlu diperhatikan karena menjadi salah satu penilaian bagi para calon peserta didik.

4.Pilih SMK yang Dekat dengan Rumah

Selain minat dan bakat, pilihlah SMK yang memiliki jarak dekat dengan rumah. Selain menghemat uang transportasi, calon peserta didik juga lebih mudah untuk menjangkau sekolahnya kelak.

Semoga tips ini bermanfaat. Selamat menjalankan PPDB 2018 Jalur NHUN.

 

Artikel Terkait: