Perubahan-Perubahan Selama Siklus Kehidupan

Perubahan-Perubahan Selama Siklus Kehidupan

Pada masa pubertas, pembesaran payudara terutama karena bertambahnya jaringan kelenjar dan deposit jaringan lemak. Pada setiap siklus menstruasi, terjadi perubahan-perubahan khusus dari pembesaran vaskular, pembesaran kelenjar pada fase pramenstruasi yang diikuti dengan regresi kelenjar pada fase post-menstruasi. Selama kehamilan tua dan setelah melahirkan, payudara mensekresi kolostrum, cairan encer, kekuningan, sampai kira-kira 3-4 hari postpartum, dimana sekresi susu dimulai sebagai respons terhadap rangsangan penyedotan dari bayi. Setelah menyapih, kelenjar lambat laun beregresi dengan hilangnya jaringan kelenjar.Pada menopause jaringan kelenjar lambat laun menghilang, sehingga payudara menjadi kecil dan menggantung.

2.2.2   Keadaan-Keadaan Jinak

  1. Infeksi

Infeksi-infeksi bakterial sering terjadi pada postpartum semasa awal laktasi jika organisme berhasil masuk dan mencapai jaringan payudara melalui fisura pada puting.Organisme yang paling sering menyebabkan infeksi adalah S. Aureus atau streptokok.Payudara menjadi merah, panas jika disentuh, membengkak, dan nyeri tekan.Gejala-gejalanya berupa demam tinggi, menggigil, dan malaise.Penanganan berupa pemanasan lokal, antipiretik dan analgesik ringan, pengosongan payudara berkala dengan terus memberikan ASI dan/atau memompa, dan terapi antibiotika oral.Jika terjadi abses, pasien perlu masuk ke rumah sakit untuk mendapatkan antibiotik intravena, aspirasi, atau insisi dan jika perlu drainase.Setiap cairan aspirasi perlu dilakukan pemeriksaan histologik untuk menyingkirkan keganasan.

  1. Trauma

Cedera paling sering pada payudara adalah kontusio. Cedera ini dapat sembuh secara spontan tetapi kadang-kadang mengakibatkan nekrosis lemak, yaitu massa yang terasa keras dan bentuknyta tidak teratur dan kadang-kadang menyebabkan retraksi kulit. Oleh karena itu perlu untuk menyingkirkan adanya karsinoma jika terjadi lesi seperti ini.

  1. Fibroadenoma

Fibroadenoma adalah tumor jinak dan berbatas tegas dengan konsistensi padat kenyal.Penanganan fibroadenoma adalah melalui pembedahan pengangkatan tumor.Spesimen diperiksa untuk menyingkirkan adanya keganasan.Sistosarkoma filoides merupakan salah satu tipe dari fibroadenoma yang dapat kambuh jika tidak diangkat dengan sempurna.

  1. Papiloma Intraduktal

Papiloma yang terjadi pada duktus papilaris biasanya terlalu kecil untuk dipalpasi tapi sering menyebabkan keluarnya cairan serosanguinosa atau berdarah dari puting susu. Apapun yang menyebabkan keluarnya cairan yang abnormal dari pputing, khususnya jika bersifat serosanguinosa, perlu ditentukan dan keganasan harus disingkirkan.Penanganan berupa pembedahan eksisi dari duktus yang terkena.

sumber :