Pengolahan Citra dan Game Technology

Pengolahan Citra dan Game Technology

Pengolahan Citra dan Game Technology

Pengolahan Citra dan Game Technology
Pengolahan Citra dan Game Technology

Dewasa ini film animasi dan game komputer baik online ataupun offline yang populer tidak lepas dari penggunaan baik software maupun hardware dengan teknologi tercanggih saat ini, grafik komputer adalah salah satunya.

Grafik komputer merupakan bagian dari ilmu komputer yang mempelajari tentang pembuatan dan manipulasi gambar (visual) secara digital. Bentuk sederhana dari grafik komputer adalah grafik komputer 2D yang saat ini berkembang menjadi grafik komputer 3D, pemrosesan citra (image processing), dan pengenalan pola. Grafik komputer sering dikenal juga dengan istilah visualisasi data.

Bagian dari grafik komputer meliputi:

* Geometri: mempelajari cara menggambarkan permukaan bidang
* Animasi: mempelajari cara menggambarkan dan memanipulasi gerakan
* Rendering: mempelajari algoritma untuk menampilkan efek cahaya
* Citra (Imaging): mempelajari cara pengambilan dan penyuntingan gambar.

Sedangkan pengolahan citra adalah gambar 2D yang diubah menjadi gambar diskrit dengan melalui proses penentuan warna dari gambar yang kontinu. Pengolahan citra biasa digunakan untuk mengidentifikasi suatu pewarnaan pada kemasan ataupun pada barang-barang lainnya.

Keterkaitan Antara Grafik Komputer dan Pengolahan Citra dan Teknologi Game

Selain karena keduanya merupakan bagian dari ilmu komputer dan ilmu informatika, pengolahan citra adalah perkembangan dari bentuk sederhana grafik komputer yang berfungsi sebagai pembentukan warna pada grafik.

Implementasi Antara Grafik Komputer dan Pengolahan Citra dan Teknologi Game

Sesuai dengan pengertian dari grafik komputer dan pengolahan citra diatas, maka dapat disimpulkan bahwa implementasi dari grafik komputer dan pengolahan citra dan game teknologi adalah keterlibatan 2 bagian ilmu komputer dan ilmu informatika tersebut didalam proses pembuatan game yang saat ini semakin canggih.

Jadi, kedua bagian ilmu tersebut tidak dapat dipisahkan untuk tercapainya produk(game) yang sempurna baik dari sisi permainan maupun dari segi keamanan (pewarnaan yang dapat merusak mata) agar produk (game) yang dihasilkan dapat digemari oleh kebanyakan anak muda saat ini.

Sumber : https://earlraytomblin.com/