Pengertian Sistem

Pengertian Sistem

           Sistem berasal dari bahasa Latin (systema) dan bahasa Yunani (sustema) adalah suatu kesatuan yang terdiri komponen atau eleven yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi, materi atau energi.  Sistem  juga  merupakan  kesatuan  bagian-bagian  yang  saling berhubungan yang berada dalam suatu wilayah serta memiliki item-item penggerak.

2.1.2 Pengertian Komputer

Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata komputer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri.

2.1.3 Pengertian Sistem Komputer

Sistem  Komputer  adalah  elemen-elemen  yang  terkait  untuk menjalankan suatu aktifitas dengan menggunakan komputer. Elemen dari sistem komputer terdiri dari manusianya (brainware), perangkat unak (software), set instruksi (instruction set), dan perangkat keras hardware). Dengan demikian komponen tersebut merupakan elemen yang terlibat dalam suatu sistem komputer. Tentu saja hardware tidak berarti apa-apa  jika  tidak  ada  salah  satu  dari  dua  lainnya (software  dan brainware).  Contoh  sederhananya,  siapa  yang  akan  menghidupkan komputer jika tidak ada manusia. Atau akan menjalankan perintah apa komputer tersebut jika tidak ada softwarenya.

2.1.4 Komponen-komponen komputer

              Komponen-komponen dalam sistem komputer terbagi 3, yang tidak bisa terpisahkan yaitu :

–          Hardware ( Perangkat Keras )

  • Processing Device
  • Input Device
  • Output Device
  • Storage Device

–           Software ( Perangkat Lunak )

  • Operating System
  • Application Program
  • Language Program

–          Brainware ( Orang Yang MengoperasikanKomputer )

  1. Hardware ( Perangkat Keras )

                        Perangkat yang dapat kita lihat dan dapat kita sentuh secara fisik, seperti perangkat perangkat masukan, perangkat pemroses, maupun  perangkat  keluaran.  Peralatan  ini  umumnya  cukup canggih. Dia dapat bekerja berdasarkan perintah yang ada padanya, yang disebut juga dengan instruction set tadi. Dengan adanya
perintah  yang dimengerti oleh  mesin  tersebut,  maka  perintah tersebut melakukan berbagai aktifitas kepada mesin yang dimengerti oleh mesin tersebut  sehingga mesin bisa bekerja berdasarkan susunan perintah yang didapatkan olehnya.

–          Processing Device (CPU)

CPU ( Central Processing Unit) berperanan untuk memproses   arahan, melaksanakan   pengiraan dan menguruskan laluan informasi menerusi system komputer. Unit atau peranti pemprosesan juga akan berkomunikasi dengan peranti input , output dan storan bagi melaksanakan arahan-arahan berkaitan.  

Dalam komputer-komputer  modern,  kedua  unit  ini terletak dalam satu sirkuit terpadu (IC – Integrated Circuit), yang biasanya disebut CPU (Central Processing Unit). CPU memiliki  fungsi  adalah  program-program  yang  disimpan dalam  memori  utama  dengan  cara

  mengambil  instruksi-instruksi, menguji instruksi tersebut dan mengeksekusinya satu persatu sesuai perintah. Pandangan sederhananya adalah operasi pembacaan instruksi (fetch) dan operasi pelaksanaan
instruksi ( execute ). CPU memiliki dua bagian utama, yaitu :

  1. ALU ( Arithmetic Logic Unit )

Unit Aritmatika dan Logika, atau Arithmetic Logic Unit (ALU), adalah alat yang melakukan semua operasi aritmatika dengan dasar penjumlahan sehingga sirkuit elektronik yang digunakan disebut adder juga melakukan keputusan  dari  suatu  operasi  logika  sesuai  dengan instruksi program. Operasi logika meliputi perbandingan dua  operand  dengan  menggunakan  operator  logika tertentu, yaitu sama dengan (=), tidak sama dengan (≠),
kurang dari (<), kurang atau sama dengan (≤), lebih besar dari (>), dan lebih besar atau sama dengan (≥)  ALU juga dapat melakukan pelaksanaan arimatika (pengurangan, penambahan dan semacamnya), pelaksanaan logis ( AND,OR,NOT) dan   pelaksanaan   perbandingan (membandingkan dua slot dengan kesetaraan).

sumer
https://www.ayoksinau.com/seva-mobil-bekas/