Pengertian Bank

Pengertian Bank

 Bank

             Perbankan adalah segala sesuatu yang menyangkut tentang bank, dan mencakup kelembagaan, kegiatan usaha, serta cara dan proses dalam melaksanakan kegiatan usahanya. Untuk sistem perbankan sendiri, khususnya perbankan di Indonesia yang telah diatur dan dapat dilihat dalam UU No.7 Tahun 1992 tentang Perbankan sebagaimana telah diubah dengan UU No. 10 Tahun 1998.

Pengertian Bank

2.1.1 Pengertian Bank

             Definisi mengenai bank pada dasarnya tidaklah berbeda, jika terdapat perbedaan, hanya tampak pada sistem operasional yang dianut dan bentuk bank nya saja. Penulis menjelaskan beberapa pengertian mengenai bank yang dikutip dari beberapa sumber diantaranya adalah :

           Menurut A. Abdurrachman dalam Ensiklopedia Ekonomi Keuangan dan Perdagangan yang ditulis oleh Juli Irmayanto dalam buku Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya mengemukakan bahwa “Bank adalah suatu jenis lembaga keuangan yang melaksanakan berbagai macam jasa seperti memberikan pinjaman, mengedarkan mata uang, bertindak sebagai tempat penyimpanan benda-benda berharga, membiayai usaha perusahaan dan lain-lain. (1998:1)

           Menurut Undang-Undang No. 10 Tahun 1998 Pasal 1 tentang Perbankan menjelaskan bahwa “Bank adalah badan usaha yang menyimpan dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya dalam bentuk kredit dan atau bentuk lainnya. Dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat banyak”.

           Dalam buku Dasar-dasar Perbankan, Kasmir menjelaskan bahwa “Bank adalah sebagai lembaga keuangan yang kegiatan usahanya adalah menghimpun dana dari masyarakat dan menyalurkan kembali dana tersebut ke masyarakat serta memberikan jasa-jasa bank lainnya”. (1998:18)

           Menurut Crosse dan Hempel dalam buku yang ditulis oleh Juli Irmayanto menjelaskan bahwa “Bank adalah suatu organisasi yang menggabungkan usaha manusia dan sumber-sumber keuangan untuk melaksanakan fungsi bank dalam rangka melayani kebutuhan masyarakat dan untuk memperoleh keuntungan bagi pemilik bank”. (2002:2)

           Menurut Ade Sofyan Mulazid, S.Ag., M.H dalam bukunya Hukum Perbankan Konvensional dan Syariah di Indonesia, “Bank adalah usaha dibidang keuangan yang menarik dan mengeluarkan uang di masyarakat, terutama memberikan kredit dan jasa di lalu lintas pembayaran dan peredaran uang”. (2007:2)

           Menurut pendapat penulis, Bank adalah lembaga keuangan yang bertugas menghimpun dana dari masyarakat dan menyalurkannya kembali dalam bentuk kredit, bank adalah perusahaan atau lembaga yang bergerak dibidang keuangan dan berfungsi sebagai perantara bagi masyarakat yang memiliki dana lebih (surplus fund) dan bagi masyarakat yang kekurangan dana (deficit fund). Dana yang berasal dari kelompok masyarakat surplus fund akan disalurkan pada kelompok masyarakat deficit fund dalam bentuk kredit.

2.1.2   Asas, Fungsi, dan Tujuan Bank

           Menurut Zaenal Asikin/ Ade Sofyan Mulazid, S.Ag., M.H, sesuai dengan ketentuan Pasal 2 UU No. 7 tahun 1992 tentang Perbankan yang mengemukakan bahwa “Perbankan Indonesia dalam melakukan usahanya berasaskan demokrasi ekonomi dengan menggunakan prinsip kehati-hatian”. Yang dimaksud demokrasi ekonomi disini yaitu demokrasi yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. (1997: 5/2007:4)

           Fungsi utama perbankan Indonesia adalah sebagai penghimpun dan penyalur dana masyarakat (Pasal 3 Undang Undang No. 7 Tahun 1992). Dan perbankan di Indonesia memiliki tujuan yang strategis dan tidak semata-mata berorientasi ekonomis, tetapi juga berorientasi pada hal-hal yang non-ekonomis seperti stabilitas nasional yang mencakup stabilitas politik dan sosial. Hal ini diatur secara lengkap dalam ketentuan Pasal 4 Undang-Undang Perbankan yang berbunyi, “ Perbankan Indonesia bertujuan menunjang pelaksanaan pembangunan nasional dalam rangka meningkatkan pemerataan, pertumbuhan ekonomi, dan stabilitas nasional kearah peningkatan kesejahteraan rakyat banyak”. (2010,169)

sumber :

Solid – Text Mask & Shapes 1.1 Apk for android