PENGERTIAN ANGIN

PENGERTIAN ANGIN

PENGERTIAN ANGINPENGERTIAN ANGIN

Angin adalah udara yang bergerak di mana arahnya paralel dengan permukaan bumi, dari daerah tekanan udara tinggi ke tekanan rendah. Angin memiliki hubungan yang erat dengan sinar matahari karena daerah yang terkena banyak paparan sinar mentari akan memiliki suhu yang lebih tinggi serta tekanan udara yang lebih rendah dari daerah lain di sekitarnya sehingga menyebabkan terjadinya aliran udara. Angin juga dapat disebabkan oleh pergerakan benda sehingga mendorong udara di sekitarnya untuk bergerak ke tempat lain.

Apabila dipanaskan, udara memuai. Udara yang telah memuai menjadi lebih ringan sehingga naik. Apabila hal ini terjadi, tekanan udara turun kerena udaranya berkurang. Udara dingin di sekitarnya mengalir ke tempat yang bertekanan rendah tadi. Udara menyusut menjadi lebih berat dan turun ke tanah. Di atas tanah udara menjadi panas lagi dan naik kembali. Aliran naiknya udara panas dan turunnya udara dingin ini dinamanakan konveksi.

Angin adalah gerakan massa udara dari daerah yang bertekanan tinggi ke daerah yang bertekanan rendah. Seorang ahli cuaca dari negara Perancis bernama Bays Ballot mengemukakan sebuah teori yang berhubungan dengan gerakan angin. Hukum Bays Ballot berbunyi :

1)      Angin bergerak dari daerah yang bertekanan udara maksimum ke daerah yang bertekanan minimum

2)      Di belahan bumi utara angin dibelokkan ke kanan, sedangkan di belahan bumi bagian selatan arahnya dibelokkan ke kiri.

Angin yang bertiup dapat diukur kecepatannya dengan alat yang disebut anemometer. Jika perbedaan udara di dua tempat sangat besar, maka akan bertiup angin kencang.

Sumber :

https://compatibleone.org/