Pendaftar Lebih Awal Bukan Jaminan Masuk

Pendaftar Lebih Awal Bukan Jaminan Masuk

Pendaftar Lebih Awal Bukan Jaminan Masuk

Pendaftar Lebih Awal Bukan Jaminan Masuk
Pendaftar Lebih Awal Bukan Jaminan Masuk

Kepala Kantor Cabang Dinas Pendidikan (KCD) wilayah III Provinsi Jawa Barat, Hery Pansila, memantau langsung pelaksanaan hari pertama pendaftaran penerimaan peserta didik baru (PPDB) Tahun Pelajaran 2019/2020 di SMAN 6 dan SMAN 2 Kota Bekasi.

“Saya menerima laporan dari banyak orang tua tentang antrean panjang, makanya saya langsung datang kelapangan. Ternyata benar ada antrean panjang, kayak ngantri sembako,” ungkap Hery, saat ditemui di SMAN 6 Kota Bekasi, Senin (17/6).

Menurutnya, penyebab antrean panjang karena masih banyak orang tua

dan wali murid yang belum mengerti mekanisme PPDB, khusus jalur zonasi. Hal ini membuat mereka datang ke sekolah untuk mendaftar lebih awal dengan harapan anaknya bisa langsung diterima disekolah tersebut.

Hery pun memberi penjelasan, bahwa pendaftar lebih awal bukan jaminan dapat diterima disekolah yang diinginkan. Justru yang terpenting dalam PPDB ialah orang tua atau wali murid harus memahami sistem zonasi.

Seleksi pada sistem zonasi adalah dinilai dari jarak terdekat dari domisili

ke satuan pendidikan. “Untuk orang tua peserta didik baru saya ingatkan lagi bahwa PPDB berdasarkan zonasi, bukan yang mendaftar pertama,” kata Hery.

Agar antrean panjang pendaftaran tak terjadi dihari berikutnya, Hery mengaku sudah berkoordinasi dengan pihak sekolah untuk menyiapkan nomor antrean. Para orang tua maupun wali murid bisa mengambil nomor antrean dan datang kembali ke sekolah jika sudah gilirannya berdasarkan nomor tersebut antara pukul 08.00-14.30 WIB selama masa pendaftaran 17-22 Juni 2019.

“Orang tua tidak perlu lagi mengantre panjang jika sudah mendapatkan nomer antre,

mereka bisa dateng besok ataupun lusa,” ujarnya.

Sesuai petunjuk teknis PPDB Tahun Pelajaran 2019/2020 SMA/SMK, siswa bisa mendaftar ke tiga sekolah terdekat dilingkungannya. Bila tak diterima ditiga sekolah pilihannya tersebut, maka harus sekolah ke swasta.

 

Sumber :

https://www.caramudahbelajarbahasainggris.net/