Mudharabah muthlaqah

Mudharabah muthlaqah

Mudharabah muthlaqah adalah kerjasama antara pemilik dana (shahibul maal) dan mudharib (bank) yang cakupannya sangat luas dan tidak dibatasi oleh spesifikasi jenis usaha,waktu,dan wilayah bisnis. Artinya, pemilik dana memberikan bank kekuasaan yang sangat besar dalam penggunaan dana simpanannya kepada mudharib. Dalam kegiatan penghimpunan dana, prinsip mudharabah mutlaqah dapat diterapkan untuk pembukaan rekening tabungan dan deposito berjangka. Ini menyebabkan kemungkinan 2 jenis penghimpunan dana berdasarkan prinsip syariah yaitu: Tabungan Al-Mudharabah dan Deposito Berjangka Al-Mudharabah. Berdasarkan prinsip ini tidak ada pembatasan bagi bank dalam menggunakan dana yang dihimpun.

Prinsip Al-Mudhorabah yang berlaku baik untuk Tabungan maupun Deposito Berjangka adalah sebagai berikut:

  1. Bank wajib memberitahukan kepada pemilik dana mengenai nisbah dan tatacara pemberian keuntungan dana/atau perhitungan pembagian keuntungan serta risiko yang dapat timbul dari penyimpanan dana.  Apabiia telah tercapai kesepakatan, maka hal terseiut harus dicantumkan dalam akad.
  2. Untuk Tabungan Mudharabah, bank dapat memberikan buku tabungan sebagai bukti penyimpanan’ serta kartu ATM dan/atau alat penarikan lainnya kepada penabung.
  3. Bank wajib memberikan sertifikat atau bukti simpanan kepada deposan bagi deposito berjangka Mudharabah.
  4. Deposito berjangka mudharabah hanya dapat dicairkan sesuai dengan jangka waktu yang disepakati.
  5. Deposito yang diperpanjang setelah jatuh tempo akan diperlakukan sama seperti deposito baru, tetapi bila pada akad sudah dicantumkan perpanjangan maka secara otomatis tidak perlu dibuat akad baru.
  6. Ketentuan-ketentuan lain yang berkaitan dengan tabungan dan deposito tetap berlaku sepanjang tidak bertentangan dengan prinsip syariah.

Mudharabah Muqayyadah

Jenis mudharabah Al-Muqayyadah merupakan simpanan dana khusus (restricted investment) dimana pemilik dana menetapkan syarat-syarat tertentu yang harus diikuti oleh bank. Mudharabah Al-Muqayyadah merupakan kebalikan dari mudharabah mutlaqah dimana mudharib (bank) dibatasi jenis usaha, waktu,atau tempat usaha.

Karakteristik jenis simpanan Mudharobah Muqayyah ini adalah sebagai berikut:

  1. Pemilik dana menetapkan syarat penyaruran dana. Untuk itu bank wajib membuat akad yang mengatur persyaratan penyaluran dana simpanan khusus.
  2. Sebagai tanda bukti simpanan, bank menerbitkan bukti simpanan khusus.
  3. Bank wajib memisahkan dana dari rekening simpanan khusus dengan dana dari rekening lainnya. Simpanan khusus dicatat pada pos tersendiri aatam rekening administratif.
  4. Dana simpanan khusus harus disalurkan secara langsung kepada pihak yang diamanatkan oleh pemilik dana.

sumber :

https://dogetek.co/seva-mobil-bekas/