Menstruasi

Menstruasi

Wanita yang sehat dan tidak hamil setiap bulan secara teratur mengeluarkan darah dari alat kandungannya yang disebut menstruasi (haid).Siklus menstruasi, selaput lendir rahim dari hari ke hari terjadi perubahan yang berulang selama satu bulan mengalami empat masa (stadium).

  1. Stadium menstruasi (desquamasi)

Pada masa ini endometrium terlepas dari dinding rahim disertai dengan perdarahan, hanya lapisan tipis yang tinggal disebut statum basale yang berlangsung selama empat hari.Dengan haid, keluar darah, potongan endometrium dan lendir dari serviks.Darah ini tidak membeku karena ada fermen (biokatalisator) yang mencegah pembekuan darah dan mencairkan potongan mukosa, banyaknya perdarahan selama haid kira-kira 50 cc.

  1. Stadium post-menstrum (regenerasi)

Luka yang terjadi karena endometrium terlepas, berangsur-angsur ditutup kembali oleh selaput lendir baru yang terjadi dari sel epitel kelenjar endometrium. Pada masa ini tebal endometrium kira-kira 0,5 mm dan berlangsung selama 4 hari.

  1. Stadium intermenstruum (proliferasi)

Pada masa ini endometrium tumbuh menjadi tebal kira-kira 3,5 mm. kelenjar-kelenjar tumbuhnya lebih cepat dari jaringan lain, berlangsung kira-kira 5-14 hari dari hari pertama haid.

  1. Stadium praemenstruum (sekresi)

Pada stadium ini endometrium tetap tebalnya tetapi bentuk kelenjar berubah menjadi panjang dan berliku-liku dan mengeluarkan getah.Dalam endometrium telah tertimbun glikogen dan kapur yang diperlukan sebagai makanan untuk sel telur.Perubahan ini untuk mempersiapkan endometrium menerima telur.

Pada endometrium sudah dapat dibedakan lapisan atas yang padat (stratum kompaktum) yang hanya ditembus oleh saluran-saluran keluar dari kelenjar, lapisan stratum spongeosum yang banyak lubang-lubangnya karena terdapat rongga dari kelenjar dan lapisan bawah disebut stratum basale.Stadium ini berlangsung 14-28 hari, kalau tidak terjadi kehamilan maka endometrium dilepas dengan perdarahan dan berulang lagi siklus menstruasi.(Syaifudin. 2006)

  1. Siklus Ovarium

Dalam ovarium banyak terdapat sel-sel telur muda yang di kelilingi oleh sel gepeng bangunan ini disebut folikel primordial. Sebelum pubertas ovarium masih dalam keadaan istirahat. Pada waktu oubertas pada pengaruh hormone dari lobus interior hipofise yaitu FSH. Folikel primordial mulai tumbuh walaupun hanya satu yang masak kemudian pecah dan yang lainnya mati. Pemasakan folikel primordial terjadi sebagai berikut.

Mula-mula sel-sel sekeliling ovum berlipat ganda kemudian timbul diantara sel-sel rongga yang berisi cairan follikuli. Ovum terdesak ke pinggir dan terdapat di tengah tumpukan sel yang menonjol ke dalam rongga follikel, tumpukan sel dengan telur di dalamnya disebut cumulus ophurus. Antara sel telur dan sel sekitarnya terdapat zona pellucida. Sel-sel granulosa lainnya membatasi ruang follikel yang disebut membran.

Dengan tumbuhnya follikel jaringan ovarium sekitar follikel tersebut terdesak keluar dan membentuk dua lapisan yaitu theca interna yang banyak mengandung pembuluh darah dan theca eksterna terdiri dari jaringan ikat padat. Follikel yang masak disebut folikel de Graaf menghasilkan estrogen tempat permukaan hormon ini pada theca interna. Sebelum pubertas terdapat pada lapisan dalam korteks ovarium dan tetap tinggal di lapisan tersebut.

sumber :

http://www.unmermadiun.ac.id/sewulan/index.php/2020/05/seva-mobil-bekas/