12 Langkah Mudah Membersihkan Injektor Mobil Sendiri

12 Langkah Mudah Membersihkan Injector Mobil Sendiri

12 Langkah Mudah Membersihkan Injektor Mobil Sendiri

Langkah Mudah Membersihkan Injector Mobil – Injector mobil merupakan salah satu komponen yang ada di dalam mesin injeksi yang berfungsi untuk menyemprotkan bahan bakar kendaraan ke dalam ruang silinder. Keberadaan komponen yang satu ini sangat berpengaruh terhadap performa mobil Anda, terutama untuk mobil yang menggunakan sistem EFI (electronic fule injection). Sistem kerja injeksi tidak lepas dari Electronic Control Unit atau biasa disebut ECU yang memang merupakan bagian terpenting dalam sebuah mobil.

Secara umum cara kerja sistem injeksi atau EFI terbagi menjadi 3 bagian utama yaitu sistem penyaluran bahan bakar kendaraan, sistem induksi udara dan sistem kendali elektronik. Sedangkan untuk ECU berfungsi untuk mengontrol campuran bahan bakar yang digunakan oleh mobil. Selain itu, ECU juga berfungsi untuk menentukan jumlah bahan bakar yang akan disuntikkan ke mesin mobil dan menentukan waktu pemberian udara serta perbandingannya ke dalam mesin.

Saat ini hampir semua produk mobil terbaru sudah menggunakan sistem injektor, hal ini karena dapat menghasilkan tenaga kendaraan yang cukup baik dan bersih jika dibandingkan dengan mobil yang menggunakan sistem karburator.

Namun, sistem injektor tentunya juga memiliki beberapa kelemahan, seperti kotoran pada bahan bakar yang dapat mengganggu kerja sistem injektor mobil. Injector yang kotor tentunya akan membuat performa mesin mobil anda menurun dan dapat membuat konsumsi bahan bakar akan lebih banyak dibandingkan dengan kondisi injector yang baik.

Untuk menghindari masalah tersebut, Anda dituntut untuk lebih memperhatikan kondisi injektor dengan baik. Caranya adalah dengan membersihkan injektor mobil Anda secara rutin.

READ  Trans Snow World Bintaro: biaya masuk, lokasi, jam buka

Langkah 1

Langkah pertama sebelum membersihkan injektor mobil adalah Anda harus membersihkan filter bahan bakar terlebih dahulu. Komponen ini penting untuk dibersihkan karena proses pembersihan injektor mobil akan sia-sia jika filter bahan bakar masih kotor. Hal ini karena kotoran pada filter bahan bakar akan kembali masuk ke ruang injektor mobil Anda.
Viral: Begini Cara Memperbaiki Pompa Air Mobil Yang Bermasalah

Langkah 2

Setelah filter bahan bakar bersih, langkah selanjutnya adalah membersihkan injektor mobil. Caranya dengan menghidupkan mesin mobil terlebih dahulu kemudian membuka sekring injektor untuk memutus arus listrik yang masuk ke pompa bahan bakar bensin.

langkah 3

Langkah selanjutnya matikan mesin kendaraan melalui kunci kontak, kemudian lepas terminal di sisi negatif aki. Tunggu beberapa saat hingga mesin berhenti, ini pertanda tidak ada lagi tekanan di saluran bahan bakar. Sehingga nantinya saat mulai melepaskan injektor tidak ada bahan bakar yang tumpah.

langkah 4

Langkah selanjutnya untuk membersihkan injektor mobil adalah dengan membuka pipa selang gas di dekat injektor mobil. Saat membuka injektor melalui pipa pengiriman, akan ada beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan yaitu Anda harus berhati-hati saat melakukan proses ini agar seal injectro tidak rusak atau putus. Jika segel injektor rusak, lebih baik menggantinya dengan segel injektor baru.

langkah 5

Jika injector sudah dilepas, maka langkah selanjutnya adalah membersihkan injector mobil dengan cara membuka seal injector dan pastikan komponen dalam kondisi baik. Anda harus melakukan pembukaan ini agar cairan pembersih injektor mobil tidak mengenai atau merusak komponen tersebut.

langkah 6

Langkah selanjutnya adalah membersihkan injector mobil, dengan cara membersihkan bagian luar terlebih dahulu menggunakan cleaner yang memang didesain khusus untuk membersihkan injector. Lakukan pembersihan mulai dari ujung injektor mobil hingga bagian yang paling sering terkena karbon.

READ  25 Twibbon 'Ayo Kibarkan Bendera Merah Putih Serentak

langkah 7

Setelah itu anda bisa memasang adaptor di mobil anda dan jangan lupa siapkan aki dengan listrik 12 volt kemudian pasangkan injector cleaner. Hubungkan satu kabel ke negatif baterai di salah satu terminal injektor mobil, kemudian pasang kabel lainnya ke terminal lain dari injektor.

langkah 8
Viral: Fakta Toyota Gazoo yang Wajib Kamu Tahu

Injector pada mobil EFI biasanya memiliki 2 terminal yaitu negatif dan positif. Saat memasang soket kabel pada 2 terminal ini, jangan lupa untuk melapisi soket dengan insulasi. Hal ini berguna untuk mencegah korsleting yang disebabkan oleh dua terminal yang berdekatan.

langkah 9

Langkah selanjutnya untuk membersihkan injector mobil adalah dengan menekan injector cleaner hingga cairan pembersih yang bertekanan dapat terisi pada injector adapter. Jangan lupa untuk memastikan adaptor yang Anda pasang sudah terjepit dengan kuat agar tidak mudah lepas.

Sumber :