MATAHARI SEBAGAI PUSAT SISTEM TATA SURYA

MATAHARI SEBAGAI PUSAT SISTEM TATA SURYA

MATAHARI SEBAGAI PUSAT SISTEM TATA SURYA

MATAHARI SEBAGAI PUSAT SISTEM TATA SURYA

Matahari merupakan sebuah bintang yang paling besar di dunia, 98 persen massa tata surya berkumpul di matahari sehingga dapat kita bayangkan besarnya matahari ini berkali-kali lipat dari besar bumi. Menurut penelitian, matahari merupakan bintang generasi kedua yang terbentuk karena ledakan bintang generasi pertama.

Selain menjadi sumber rantai makanan, matahari juga memiliki banyak kelebihan yang membuat manusia menjadi mudah dalam menjalani kehidupan. Secara umum, berikut informasi mengenai matahari.

  1. Matahari memiliki diameter yang panjangnya 1.392.500 km, 109 kali kali dari diameter ukuran bumi.
  2. Matahari memiliki beberapa lapisan, yakni korona, kromosfer, fotosfer dan inti matahari.
  3. Matahari memiliki suhu sekitar 4000 derajat celcius, bagian dalam mencapai 15.000.000 derajat celcius.
  4. Matahari berukuran 332.830 massa bumi.

PLANET DALAM SISTEM TATA SURYA

Salah satu benda langit yang termasuk dalam sistem tata surya adalah planet, planet ini juga terdiri dari beberapa, tepatnya terdapat 8 planet yang mengelilingi bumi. Dahulu kala, planet yang diakui terdapat 9 buah namun seiring perkembanga zaman, para ilmuwan meyakini satu planet terjauh dari matahari bukanlah masuk kategori planet (Pluto).

Planet merupakan benda langit yang memancarkan cahayanya sendiri, mempunyai orbit masing-masing dan dalam mngelilingi matahari, orbit planet-planet ini berbentuk elips atau lonjong. Berikut beberapa planet yang diakui mengelilingi bumi.

  1. Merkurius.
  2. Venus.
  3. Bumi.
  4. Mars.
  5. Jupiter.
  6. Saturnus.
  7. Uranus.
  8. Neptunus.

ASTEROID DALAM SISTEM TATA SURYA

Asteroid merupakan benda langit selanjutnya yang merupakan bagian dari susunan tata surya. Asteroid ini berbentuk kecil dan bertebaran di langit. Mereka bergerombol karena jumlahnya yang sangat banyak dan membentuk sebuah sabuk asteroid. Sabuk ini berada di antara planet Mars dan Jupiter.

Sabuk asteroid lainnya berada jauh dibelakang planet Neptunus, yakni sabutk Edgeworth-Kuiper. Sabuk asteroid sama dengan planet, sama-sama mengelilingi matahari, berikut sedikit informasi mengenai sabuk asteroid.

  1. Banyak ahli yang mengatakan bahwa asteroid adalah sisa-sisa bahan pembentukan planet.
  2. Ukuran diameter sabuk asteroid adalah 100 km.
  3. Sabuk asteroid membutuhkan waktu 3 hingga 6 tahun untuk berevolusi.
  4. Jumlahnya sangat banyak, jarak antara asteroid adalah ribuan kilometer.

Baca Juga :