Macam-Macam Budaya Politik

Macam-Macam Budaya Politik

Macam-Macam Budaya Politik

Macam-Macam Budaya Politik
Macam-Macam Budaya Politik

Macam-macam budaya politik yang hidup di Indonesia, yakni sebagai berikut:

1. Budaya politik parokial

di mana aktivitas politik di dalam masyarakat kurang dilakukan oleh individu individunya bahkan mereka tidak menyadari politik nasional itu sendiri.

2. Budaya politik subjek

yakni adanya kepasifan dari individu-individu di dalam suatu sistem politik untuk patuh kepada pejabat pemerintah dan aturan perundangan, namun mereka tida turut
serta dalam proses dan pembentukan politik.

3. Budaya politik partisipan

yakni kebiasaan individu-individu di dalam masyarakat terlibat dalam artikulasi, tuntutan dan pembentukan keputusan-keputusan politik di dalam sistem politik nasional. Masyarakat yang berorientasi pada struktur dan proses politik. Jika dilihat pembahasan di atas, maka jelaslah bahwa budaya politik yang paling maju adalah budaya politik partisipan. Lalu, apa yang dimaksud dengan partisipasi politik? Partisipasi pol itik merupakan aktivitas warga negara yang memiliki kepribadian dalam bersikap sebagai pribadi untuk memengaruhi proses pembuatan keputusan yang dilakukan oleh pemerintah. Partisipasi disini dapat bersifat individu atau kolektif, dapat terjadi secara terorganisir ataupun spontan, bersatu atau sporadis, dan secara damai atau dengan kekerasan.Budaya politik partisipan sesuai dengan prinsip demokrasi dalam politik. Demokrasi menghendaki keterlibatan rakyat secara luas, melalui pemilihan umum maupun kritik kepada pemerintah. Seringkali partisipasi politik rakyat diwujudkan melalui jalan demonstrasi jika saluran-saluran parlementer dianggap buntu.