Leica Kini Gandeng Xiaomi, Putus dari Huawei Sejak Maret

Leica sekarang bekerja dengan Xiaomi dan berpisah dengan Huawei sejak Maret

Leica Kini Gandeng Xiaomi, Putus dari Huawei Sejak Maret

Produsen kamera Jerman Leica baru saja mengumumkan kemitraan dengan Xiaomi. Pabrikan kamera itu sebelumnya bekerja sama dengan perusahaan ponsel China dan pesaing Xiaomi, Huawei.

Sekarang telah diumumkan bahwa Huawei dan Leica mengakhiri kerja sama mereka kemarin pada 31 Maret 2022.

“Kami dapat mengonfirmasi bahwa kerja sama kedua perusahaan selesai pada 31 Maret,” kata juru bicara Huawei, dikutip dari Android Authority, Kamis (25/5/2022).

Artinya, seri Huawei P50 yang diluncurkan secara global, termasuk Indonesia melalui Huawei P50 Pro, menjadi ponsel terakhir yang bermitra dengan Leica. Misalnya, Huawei Mate 50 yang belum dirilis tidak akan lagi menggunakan branding Leica.

Huawei dan Leica berkolaborasi untuk pertama kalinya sejak 2016. Saat itu, keduanya bekerja sama untuk memperkenalkan Huawei P9 dan Huawei Mate 9.

Kerja sama antara Huawei dan Leica bertujuan untuk pencocokan gambar, mode warna yang dapat dipilih sesuai selera pengguna, mode potret, dan fungsi kamera lainnya.

Rumor juga sudah beredar sejak Mei 2021 bahwa Leica akan hengkang dari Huawei. Kemungkinan pemutusan kerja sama ini karena penurunan pangsa pasar ponsel Huawei akibat sanksi AS.

Kemudian pada akhirnya Xiaomi yang menggantikan Huawei untuk memulai kemitraan baru dengan Leica. Keduanya dikabarkan akan berkolaborasi pada Xiaomi 12 Ultra yang akan dirilis pada Juli mendatang.

Sumber :

READ  11 Aplikasi Penghasil Saldo Dana yang Terbukti Membayar