Langkah Mudah Memindahkan Aplikasi ke SD Card

Langkah Mudah Memindahkan Aplikasi ke SD Card

Langkah Mudah Memindahkan Aplikasi ke SD Card

Langkah Mudah Memindahkan Aplikasi ke SD Card
Langkah Mudah Memindahkan Aplikasi ke SD Card

Cara Memindahkan Aplikasi ke SD Card

Pemilik ponsel Android dengan penyimpanan internal sebesar 16 gigabyte (GB) atau yang kurang dari itu pasti sudah akrab dengan notifikasi “Ruang Penyimpanan Hampir Habis”Alhasil, banyak foto-foto, video, maupun aplikasi yang harus dikorbankan untuk dihapus padahal kita masih ingin menyimpannya.

Yap, kondisi ini memang menjengkelkan. Namun hal ini bisa disiasati, lho. Selama ponsel Android-mu masih menyediakan ruang penyimpanan eksternal, memori internal yang kecil dapat diekspansi menggunakan microSD.

 

Sebagai sistem operasi yang cukup membebaskan penggunanya

Mengatur sendiri penyimpanan utama pada ponsel, Android menyediakan opsi untuk memindahkan aplikasi ke memori eksternal. Tetapi perlu diingat ya, bahwa tidak semua aplikasi dapat dipindahkan ke ruang penyimpanan eksternal karena dapat mengurangi performa aplikasi tersebut.

 

Cara Memindahkan Aplikasi ke SD Card tanpa Root

Seperti yang telah disebutkan di atas, memindahkan aplikasi ke kartu memori eksternal bisa juga dilakukan tanpa membutuhkan root. Berikut cara dan langkah yang harus kamu ikuti:

  1. Langkah pertama yang harus Toppers lakukan untuk memindahkan aplikasi ke kartu microSD adalah masuk ke menu Settings atau Pengaturan pada smartphone.
  2. Kemudian gulirkan layar sampai kamu menemukan menu Apps. Nama menunya mungkin dapat berbeda pada setiap merek ponsel, namun fungsinya sama saja.
  3. Setelah itu, pilihlah menu Storage atau Penyimpanan. Di menu ini, kamu dapat melihat berapa banyak ruang penyimpanan yang telah terpakai. Kamu juga dapat dengan leluasa memilih preferensi ruang penyimpananmu, baik memori internal atau memori eksternal.
  4. Pilih salah satu aplikasi yang ingin dipindahkan, lalu apabila ada pilihan Change yang berada tepat di bawah informasi jenis ruang penyimpanan, klik tombol tersebut untuk memindahkan aplikasi ke external memory. Namun, apabila kamu tidak melihat tombol ini, berarti aplikasi tersebut tidak didukung untuk dapat dipindahkan ke memori eksternal. Biasanya aplikasi semacam ini adalah aplikasi bawaan, yang apabila dipindahkan dapat mengganggu jalannya sistem
  5. Sebuah layar pop-up akan muncul dengan pilihan ruang penyimpanan yang ada pada ponsel, ketuk layar pada pilihan SD Card dan klik move.
  6. Tunggu beberapa saat dan ponsel akan secara otomatis memulai proses pemindahan data yang ada pada aplikasi. Kamu hanya tinggal menunggu sampai selesai, dan voila! Aplikasi telah sukses pindah ke SD Card kamu.

Bagaimana? Mudah dan sederhana saja, kan? Dengan cara ini kamu tentunya dapat menghemat penggunaan memori internal pada ponsel dan mempercepat kinerja smartphone kesayanganmu.

Baca Juga :