Langkah Dalam Metode Ternak Ikan Gurame di Kolam Terpal

Langkah Dalam Metode Ternak Ikan Gurame di Kolam Terpal

Langkah Dalam Metode Ternak Ikan Gurame di Kolam Terpal

Langkah Dalam Metode Ternak Ikan Gurame di Kolam Terpal
Langkah Dalam Metode Ternak Ikan Gurame di Kolam Terpal
Ternak ikan gurame di kolam terpal sekarang ini makin diminati orang-orang , terlebih untuk mereka yg tidak mempunyai tempat kosong yang minim kandungan air. Bila awalannya budidaya ikan gurame dikerjakan di empang ataupun kolam yang ada aliran air , saat ini ikan gurami dapat dibudidaya di kolam terpal. Bahkan juga kolam terpal yang dipakai tak mesti luas seandainya dibdesain dengan baik sesuai sama kemampuan populasi ikan gurame. Modal yang diperlukan untuk budidaya ikan gurame kolam terpal juga lebih irit bila di banding dengan bikin kolam beton. Diluar itu , kolam terpal juga gampang dibongkar gunakan bila kelak telah tak akan dipakai.

Langkah Dalam Media Ternak Ikan Gurame

Media yang dipakai untuk bikin kolam yaitu plastik atau terpal , kita dapat beli terpal di toko alat pertanian dengan harga bervariatif. Bila Anda tidak mau memakai terpal jadi dapat ditukar dengan plastik transparan yang ukuran panjang serta lebarnya nyaris sama juga dengan terpal. Terkecuali terap atau plastik untuk ternak ikan gurame di kolam terpal juga memerlukan batu bata merah yang disusun juga sebagai tembok penopang dengan ketinggian optimal panjang 4 mtr. , lebar 2 mtr. serta ketinggian 1 mtr.. Langkah awal yang dikerjakan yakni bikin tembok dari susunan batu bata merah , sesudah tersusun rapi setelah itu tempatkan terpal atau plastik di bagian dinding dalam serta lantai basic kolam.

Cara Pengisian Air Kolam

budidaya ikan bawal Sesudah bikin kolam usai dikerjakan , setelah itu yaitu isi kolam dengan air lebih kurang ketinggian air 50-75 cm. Hal semacam itu mempunyai tujuan agar ikan tak gampang melompat atau saat hujan akan tidak meluap sesudah kolam terisi air sistem ternak ikan gurame di kolam terpal belum dapat dihuni ikan gurame , namun kolam diisi air itu mesti didiamkan lebih kurang 1 minggu. Baru kemudian kolam ditebari benih ikan gurame yang telah berumur 2 bln. lantaran telah dapat bertahan di cuaca serta suhu kolam terpal.

Ukuran Jumlah Benih Dan Pemberian Pakan

Ukuran kolam yang telah diterangkan pada awal mulanya dapat dipakai untuk ternak gurame lebih kurang 200 ekor , hal semacam ini mempunyai tujuan agar populasi ikan saat makin besar tak terlalu berlebih. Diluar itu sepanjang ternak ikan gurame di kolam terpal mesti teratur di beri pakan saat pagi serta sore hari. Untuk kurangi dampak panas matahari Anda dapat memberikan enceng gondok hingga suhu air tak terlalu berlebih. Sedang perawatan yang dibutuhkan diantaranya bikin saringan air seperti dalam akuarium , lantaran model ikan ini memerlukan oksigen yang baik serta air yang bersih. Tiap-tiap 2 minggu sekali air di beri sanitizer untuk membunuh bibit penyakit di dalam kolam terpal.
Sistem ini bila diaplikasikan dengan baik , jadi budidaya serta ternak gurame memakai metode kolam terpal dapat membuahkan panen yang baik. Bahkan juga perhitungan keuntungan yang diperoleh dapat semakin besar di banding metode yang lain. Dalam hitungan lebih kurang 4 bln. , ikan budidaya gurame kolam terpal dapat dipanen serta siap disetorkan ke tengkulak atau distributor ikan air tawar untuk disalurkan ke beragam kota. Sekian sedikit penjelasan singkat langkah ternak ikan gurame di kolam terpal , mudah-mudahan dapat menaikkan ide Anda.