Kriteria memilih dan Metode Pembelajaran PAI

Kriteria memilih dan Metode Pembelajaran PAI

Dalam interaksi belajar mengajar, metode mengajar dipandang sebagai salah satu komponen yang ada didalamnya yang mana komponen satu dengan yang lainnya saling mempengaruhi. Metode mengajar sebagai alat untuk mencapai tujuan pengajaran yang ingin dicapai, sehingga semakin baik penggunaan metode mengajar semakin berhasillah pencapaian tujuan, artinya apabila guru dapat memilih metode yang tepat yang disesuaikan dengan bahan pengajaran, murid, situasi kondisi, media pengajaran maka semakin berhasillah tujuan pengajaran yang ingin dicapai (Soetomo, 1993: 144).

Metode pembelajaran adalah seluruh perencanaan dan prosedur maupun langkah-langkah kegiatan pembelajaran termasuk pilihan cara penilaian yang akan dilaksanakan.

Untuk lebih jelasnya mengenai berbagai metode mengajar, diuraikan guru dalam menyampaikan pengajarannya kepada murid.

  1. Metode Ceramah

Metode ceramah ialah suatu cara penyajian bahan pelajaran dengan melalui penuturan (penjelasan lisan) oleh guru kepada siswa. Metode ceramah bervariasi merupakan cara penyampaian, penyajian bahan pelajaran dengan disertai macam-macam penggunaan metode pengajaran lain, seperti tanya jawab dan diskusi terbatas, pemberian tugas dan sebagainya.

Ceramah dilakukan dengan ditujukan sebagai pemicu terjadinya kegiatan yang partisipatif (curah pendapat, diskusi, penugasan, studi kasus, dll).Selain itu, ceramah yang dimaksud disini adalah ceramah yang cenderung interaktif, yaitu melibatkan siswa melalui adanya tanggapan balik atau perbandingan dengan pendapat dan pengalaman siswa.Hal yang harus dipersiapkan dan direncanakan guru sebelum melaksanakannya, agar penggunaannya lebih efektif yaitu.

  1. Membatasi waktu yang disesuaikan dengan tingkat usia siswa, semakin kecil usia hendaknya waktunya semakin sedikit untuk memberikan ceramah.
  2. Menentukan pokok masalah yang akan dicermahkan dengan membuat ikhtisar, atau dengan membuat catatan penting yang akan disampaikan pada siswa.
  3. Menyusun beberapa pertanyaan kepada siswa. Pertanyaaan ini nantinya akan menjadi umpan balik bagi guru untuk mengetahui sejauh mana keaktifan murid dalam mengikuti pelajaran.
  4. Membuat kesimpulan pokok-pokok bahan, agar setiap anak memahami akan materi yang disampaikan.
  5. Menyusun alat evaluasi untuk menilai apakah berhasil atau tidak ceramah yang diberikan.

sumber :
https://hopalleybrew.com/seva-mobil-bekas/