Konsep mengenai pertumbuhan dan pembangunan ekonomi

Konsep mengenai pertumbuhan dan pembangunan ekonomi

Konsep mengenai pertumbuhan dan pembangunan ekonomi

  1. Pertumbuhan ekonomi

Istilah pertumbuhan ekonomi menerangkan atau mengukur prestasi dari perkembangan suatu ekonomi. Dalam kegiatan perekonomian yang sebenarnya pertumbuhan ekonomi berarti perkembangan fisikal produksi barang dan jasa yang berlaku disuatu negara, seperti pertambahan dan jumlah produksi barang industri, perkembangan infrastruktur, pertambahan jumlah sekolah, pertambahan produksi sektor jasa dan pertambahan produksi barang modal. Ukuran yang digunakan adalah tingkat pertumbuan pendapatan nasional rill yang dicapai.

  1. Pembangunan Ekonomi

Pertumbuhan selalu digunakan sebagai suatu ungkapan umum yang menggambarkan tingkat perkembangan suatu negara yang diukur melalui persentasi pertambahan pertambahan nasional riil. Pembangunan ekonomi adalah pertumbuhan ekonomi yang diikuti oleh perubahan dalam struktur dan corak kegiatan ekonomi.

  1. Pendapatan perkapita sebagai pengukur kemakmuran

Banyak informasi yang diperlukan untuk secara lengkap menunjukkan taraf kemakmuran dan taraf hidup yang dicapai oleh masyarakat suatu negara. Persentasi penduduk yang memiliki kendaraan, tingkat pendapatan mereka dan pemilikan harta-harta lain merupakan petunjuk penting dalam melihat taraf kemakmuran yang dicapai. Disamping itu, kemakmuran ditentukan pula oleh fasilitas untuk mendapatkan suplai listrik dan air minum yang bersih, fasilitas pendidikan yang diperoleh dan taraf pendidikan yang dicapai, taraf kesehatan dan fasilitas perabotan yang tersedia, keadaan perumahan raykat miskin, dan taraf perkembangan infrastruktur yang dicapai.[1]

      Pendapatan perkapita adalah pendapatan rata-rata penduduk suatu negara pada suatu masa. Nilainya diperoleh dengan membagi nilai Produk Domestik Bruto (PDB) atau produk Nasional Bruto (PNB) suatu tahun dengan jumlah penduduk pada tahun tersebut. Dengan demikian pendapatan per kapita  dapat dihitung dengan menggunakan salah satu formula berikut:

Sumber :

https://weshop.co.id/mahasiswa-itb-ciptakan-giroskop-militer-pertama-indonesia/