Komunikasi intrapersonal: definisi, tujuan, fungsi, proses

Pahami komunikasi intrapersonal
Buka baca cepat

Komunikasi intrapersonal adalah proses yang terjadi di dalam diri seseorang mulai dari menerima pesan atau informasi, memproses, menyimpan dan mereproduksinya. Komunikasi intrapersonal juga dapat diartikan sebagai proses komunikasi yang berlangsung dalam diri individu (internal). Biasanya, kegiatan komunikasi intrapersonal yang dilakukan orang setiap hari untuk memahami diri sendiri antara lain: berdoa, berterima kasih, refleksi diri dengan meninjau tindakan mereka sendiri dan membayangkan diri mereka secara kreatif. Misalnya, saat Anda bersama seseorang, salah satu hal yang Anda pikirkan adalah komunikasi intrapersonal.

Komunikasi-intrapersonal-definisi-tujuan-fungsi-proses
Pahami komunikasi intrapersonal menurut para ahli

Menurut para ahli, ada beberapa definisi komunikasi intrapersonal:
1. Judy Pearson dan Paul Nelson

Menurut Judy Pearson, komunikasi intrapersonal adalah proses di mana pesan digunakan untuk menciptakan makna batin.
2. Kamus komunikasi massa dan penelitian media

Menurut kamus, komunikasi intrapersonal merupakan proses komunikasi yang berlangsung dalam diri seseorang. Dalam hal ini, pengirim pesan dan penerima pesan adalah orang yang sama.
Baca selengkapnya

3. Jürgen Ruesch dan Gregory Bateson

Menurut Jürgen, komunikasi intrapersonal merupakan bentuk khusus dari komunikasi antarpribadi, dan dialog merupakan dasar dari semua wacana. Komunikasi intrapersonal melibatkan berbicara kepada diri sendiri, membaca dalam diam, mengulangi apa yang Anda dengar, dan berbagai aktivitas tambahan terkait dengan berbicara dan mendengarkan apa yang Anda pikirkan, membaca dan mendengarkan dapat meningkatkan fokus dan keterikatan.
4. Jalaludin Rakhmat

Menurut Jalaludin, komunikasi intrapersonal adalah komunikasi yang dari sudut pandang psikologis komunikasi dalam komunikasi intrapersonal memahami proses pengolahan informasi yang meliputi sensasi, persepsi, ingatan, dan pemikiran.

READ  Pengertian Otot Polos, Jenis, Fungsi, Ciri dan Struktur

Tujuan komunikasi intrapersonal

Menemukan pribadi atau pribadi berarti mengenal satu sama lain dengan lebih baik dan menjelaskan siapa dan apa yang kita pikirkan tentang diri kita sendiri. Citra diri pribadi ini berkembang sesuai dengan perubahan yang terjadi dalam hidup kita. Kita tidak dilahirkan dengan pemahaman tentang siapa kita, tetapi perilaku kita telah memainkan peran penting dalam mengembangkan citra pribadi itu.
fungsi

Di bawah ini adalah beberapa fungsi komunikasi intrapersonal, diantaranya sebagai berikut:

Keyakinan Ketika seseorang berkomunikasi satu sama lain, mereka dapat melihat setiap aspek kepribadian mereka sendiri. Melalui introspeksi, orang menjadi sadar akan ciri-ciri yang membantu membentuk kepribadian mereka, yang pada gilirannya membuat mereka sadar akan motivasi, aspirasi, dan harapan mereka terhadap dunia. Ketika citra diri seseorang mutlak, itu membantu dengan mudah menyampaikan keinginan dan kebutuhan mereka kepada orang lain.
Percaya diri membuat seseorang merasa aman dan meningkatkan rasa percaya diri.
Manajemen diri Fakta bahwa seseorang menyadari kekuatan dan kelemahan yang dimilikinya memungkinkan mereka untuk mengelola urusan sehari-hari secara efisien, memanfaatkan kekuatan mereka sebaik-baiknya, yang pada gilirannya mengimbangi kelemahan mereka.
Pengetahuan yang memotivasi diri adalah mutlak tentang apa yang diinginkan seseorang dalam hidup dan memungkinkan orang tersebut untuk berusaha mencapai tujuan dan sasaran ini sambil terus memotivasi diri mereka sendiri.
Berfokus pada kualitas motivasi diri dan manajemen diri akan membantu mengembangkan fokus yang lebih dalam untuk fokus pada tugas yang ada.
Keyakinan Kemandirian memungkinkan orang untuk mandiri.
Adaptasi seseorang akan sangat mudah beradaptasi dengan lingkungannya, karena mengetahui kualitasnya sendiri memungkinkan mereka untuk dengan percaya diri dan tenang membuat keputusan dan mengubah pendekatannya sesuai dengan respons terhadap rangsangan situasional.

READ  Karakteristik atau ciri-ciri sistem

Baca lebih lanjut: Lima indera
Proses komunikasi intrapersonal

Di bawah ini adalah beberapa proses komunikasi antarpribadi antara lain:
1. sensasi

Sensasi adalah tahap awal penerimaan pesan atau informasi yang diterima oleh sensor atau indera manusia (exteroceptors, interoceptors, proprioceptors). Seorang ahli komunikasi bernama Mark Knapp menyarankan kerangka kerja yang berguna untuk memahami proses komunikasi antarpribadi. Menurut Knapp, ada dua faktor yang mempengaruhi komunikasi intrapersonal, yaitu rangsangan internal dan eksternal.

Magang

 

LIHAT JUGA :

http://bp2sdm.menlhk.go.id/bdlhkkupang/index.php/2021/05/09/gb-whatsapp/
http://mynameaan.berita.usm.ac.id/gb-whatsapp-pro.html
http://serisekarsari.bm.uma.ac.id/gb-whatsapp/
http://blog.umy.ac.id/herulampung/gb-whatsapp/
http://blog.umy.ac.id/herulampung/bokeh/
http://rosdiana.stkipdamsel.ac.id/gb-whatsapp-apk-pro/
http://srijapri.mahasiswa.unimus.ac.id/
http://srijapri.mahasiswa.unimus.ac.id/bokeh/
http://srijapri.mahasiswa.unimus.ac.id/gb-whatsapp-apk-pro/
https://pkl.undiksha.ac.id/blog
http://veri.unismuhpalu.ac.id/
http://veri.unismuhpalu.ac.id/bokeh/
https://student.blog.dinus.ac.id/handay/wa-web/
https://student.blog.dinus.ac.id/handay/kinemaster-pro/
http://blog.umy.ac.id/herulampung/kinemaster-pro-apk/
http://blog.umy.ac.id/herulampung/wa-web/
http://blog.umy.ac.id/herulampung/alight-motion-pro/
https://student.blog.dinus.ac.id/handay/alight-motion-pro/
http://41914110003.blog.mercubuana.ac.id/psiphon-pro/
https://blog.ub.ac.id/petrusarjuna/psiphon-pro/
https://aldirenaldi.blog.institutpendidikan.ac.id/psiphon-pro/
https://blog.uad.ac.id/lestari1300012156/psiphon-pro/