Ketahui Apa Itu Trading Saham, Keuntungan, Dan Tips

Ketahui Apa Itu Perdagangan Saham, Keuntungan, Dan Tips Memulai

Ketahui Apa Itu Trading Saham, Keuntungan, Dan Tips

Mengetahui Apa itu Perdagangan Saham

Perdagangan saham adalah kegiatan jual beli saham di pasar keuangan untuk mendapatkan keuntungan dari kegiatan jual beli surat berharga tersebut. Kegiatan ini dapat dilakukan di pasar internasional, pasar berjangka, dan pasar valuta asing atau valas. Perdagangan saham juga dapat diartikan sebagai kegiatan jual beli sertifikat kepemilikan suatu perusahaan atau perusahaan yang harganya mengikuti fluktuasi harga pasar. Saat memasuki dunia perdagangan saham, Anda harus aktif memantau grafik naik turunnya harga saham. Jadi, untuk bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal, seorang trader harus tahu betul kapan harus membeli dan kapan harus melepas saham untuk dijual.
Perbedaan Antara Perdagangan Saham dan Investasi Saham

Selama ini banyak orang yang salah paham, terutama masyarakat awam, dalam memaknai perdagangan saham. Perdagangan saham sering dikacaukan dengan investasi saham, padahal keduanya adalah aktivitas yang berbeda. Jadi apa sebenarnya perbedaan antara keduanya? Ada banyak hal yang bisa menjadi pembeda antara kedua kegiatan tersebut. Jika perdagangan saham menguntungkan dalam jangka pendek, berinvestasi dalam saham akan membuahkan hasil dalam jangka panjang.
Baca Juga: Investasi Saham? Ini adalah hal-hal dasar yang perlu Anda ketahui

Seorang trader dituntut untuk selalu memantau harga saham setiap saat dan mampu menganalisa waktu yang tepat untuk membeli dan menjual. Sehingga ketika harga saham sudah naik dan mencapai nominal yang cukup menguntungkan, seorang trader bisa langsung menjualnya. Hal ini sangat berbeda dengan kinerja investasi saham yang tidak terpengaruh oleh fluktuasi harga saham harian. Seorang investor biasanya berinvestasi dalam saham untuk jangka waktu yang lama dan tidak langsung menjualnya.

READ  Tahapan Metode Pelaksanaan Konstruksi Bangunan

Risiko yang terlibat dalam perdagangan saham biasanya jauh lebih besar daripada berinvestasi di saham. Seorang investor biasanya akan mempertimbangkan profil dan reputasi perusahaan serta prospek yang dimiliki perusahaan di masa yang akan datang. Sedangkan trader hanya mengacu pada harga saham yang berpotensi mengalami fluktuasi yang signifikan sehingga keuntungan yang diperoleh bisa maksimal. Seorang investor biasanya akan mempelajari kondisi keuangan dan produktivitas perusahaan sebelum berinvestasi. Berbeda dengan trader, karena transaksi dilakukan dengan sangat cepat, maka analisis yang dibutuhkan lebih bersifat teknis dengan selalu memantau perubahan harga saham.
Keuntungan Trading Saham

Setelah mengetahui apa itu trading saham dan apa bedanya dengan investasi saham, sebaiknya Anda juga mengetahui keuntungan dari trading saham. Mencari penghasilan tambahan dengan menjadi trader memang menjanjikan, asalkan tahu cara analisa yang benar. Berikut ini adalah beberapa keuntungan yang akan didapatkan ketika bekerja di dunia trading.
1. Praktis dan Fleksibel

Di era digital seperti sekarang ini, aktivitas jual beli saham sangat mudah dilakukan. Dengan ponsel pintar dan internet Anda dapat menghasilkan uang dari perdagangan. Anda dapat memilih perusahaan sekuritas atau broker melalui aplikasi online. Selain itu, beberapa aplikasi juga menyediakan fitur auto trading yang otomatis akan mengikuti perkembangan fluktuasi harga saham, bahkan membantu menentukan trading jual beli. Menariknya, transaksi trading ini juga bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja.
2. Bisa dimulai dari modal kecil dan keamanan terjamin

Banyak yang salah paham dan beranggapan bahwa untuk bisa memasuki dunia trading harus menyiapkan modal yang besar. Faktanya, saat ini sudah banyak broker online yang tidak memungut biaya apapun untuk trader baru. Tidak hanya itu, perusahaan sekuritas tertentu juga membebankan komisi dan spread yang relatif terjangkau. Pastikan untuk melakukan riset terlebih dahulu dalam memilih broker online agar keamanan data pribadi Anda selalu terjamin.
Baca juga: Kenali lebih jauh support dan resistance saham di dunia investasi
Tips Belajar Trading Saham untuk Pemula

READ  Daftar 10 Aplikasi Cek Barang Original untuk Android

Tidak hanya membahas apa itu trading saham, apa bedanya dengan investasi saham, dan keuntungan yang akan didapat saat trading, artikel ini juga akan mengulas tips belajar saham bagi Anda yang ingin memulai. Berikut ulasannya.
1. Mulailah dengan Modal Kecil

Sebagai pemula, Anda bisa memulai trading saham dengan modal awal yang kecil. Jangan terburu-buru mengeluarkan banyak uang sebagai modal hanya karena ingin cepat untung. Seiring bertambahnya pengetahuan dan keterampilan Anda, Anda dapat menambahkan lebih banyak modal dengan jumlah yang lebih besar.

Sumber :