Kepsek SDN Genteng bakal Tata Perpustakaan Sekolah

Kepsek SDN Genteng bakal Tata Perpustakaan Sekolah

Kepsek SDN Genteng bakal Tata Perpustakaan Sekolah

Kepsek SDN Genteng bakal Tata Perpustakaan Sekolah
Kepsek SDN Genteng bakal Tata Perpustakaan Sekolah

Untuk me­ningkatkan minat baca di seko­lahnya bagi anak didiknya maka Kepala SDN

Genteng Kecamatan Bogor Selatan Kota Bogor Toto Iskandar melakukan penataan ruang perpustakaan sekolahnya yang dinilai kurang memadai saat dipergunakan oleh anak didiknya.

Toto -sapaanya mengatakan, fungsi perpustakaan sangat pen­ting bagi anak didiknya selain

untuk menambah ilmu juga untuk memupuk rasa cinta, kesadaran, dan kebiasaan membaca. Selain itu keberadaan perpustakaan ini juga mempunyai landasan hukum seperti dijelaskan dalam pasal 35 Undang-undang Nomor 2 Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional dinyatakan bahwa pen­didikan tidak mungkin dapat terselenggara dengan baik apa­bila tenaga kependidikan dan peserta didik tidak didukung oleh sumber belajar yang diperlukan untuk penyelenggaraan kegiatan belajar yang bersangkutan. Salah satu sumber belajar yang amat penting, adalah perpustakaan yang memungkinkan para tenaga ke­pendidikan dan peserta didik memperoleh kesempatan untuk memperluas dan memperdalam pengetahuan yang diperlukan.

”Jadi intinya pengadaan per­pustakaan harus memenuhi ke­tentuan pasal tersebut dan fung­si

perpustakaan sekolah dasar bukan hanya untuk mengumpul­kan dan menyimpan bahan pus­taka, tetapi agar dapat memban­tu siswa dan guru dalam meny­elesaikan tugas-tugas selama proses pembelajaran.” ujarnya

Dengan demikian tambahnya bahan perpustakaan yang men­jadi koleksi perpustakaan sekolah dasar harus dapat menunjang proses belajar mengajar. Untuk menunjang proses tersebut di atas, maka dalam pengadaan bahan perpustakaan sudah seharusnya mempertimbangkan kurikulum sekolah serta minat para pema­kainya, khususnya para murid dan guru.

 

Sumber :

https://www.artstation.com/ahmadali88/blog/wQl2/history-of-the-establishment-of-a-palestinian-state