Kadisdik : Bismilah PPDB Online Hari Ini Di Buka

Kadisdik Bismilah PPDB Online Hari Ini Di Buka

Kadisdik : Bismilah PPDB Online Hari Ini Di Buka

Kadisdik Bismilah PPDB Online Hari Ini Di Buka
Kadisdik Bismilah PPDB Online Hari Ini Di Buka

Setelah melalui berbagai tahapan dan persiapan matang sesuai agenda yang sudah ditetapkan

, hari ini pelaksanaan Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) dengan sistem online baik ke SMP negeri maupun SMA dan SMK negeri mulai buka.

“Bismillah, Senin (17/6) ini PPDB Online SMP dibuka. Bagi orang tua yang mendampingi anak-anaknya silakan daftar ke sekolah yang dituju dengan persyaratan sebagaimana yang telah ditetapkan,” terang Kepala Disdik Kota Bogor, Fahrudin, kemarin.

Menurut dia, PPDB Online akan dilaksanakan tiga hari, yakni 17, 18 dan 19 Juni 2019

. “Pada 20 Juni 2019 akan diumumkan hasil kelulusan, diterima atau tidaknya siswa di sekolah yang dituju,” katanya.

“Bagi orang tua siswa atau masyarakat luas yang ingin tahu tentang persyaratan maupun mempertanyakan hal yang kurang dimengerti, silakan datang ke sekolah yang dituju. Jika sibuk silakan buka Instagram (IG) Dinas Pendidikan Kota Bogor, di situ tertuang penjelasan penjelasan mengenai PPDB Online,” kata Fahmi, sapaan akrabnya.

“Daftar langsung di sekolah yang dituju melalui panitia atau operator sekolah. Di samping itu, persyaratan atau dokumen pendaftaran diserahkan ke sekolah, baik secara individu maupun kolektif. Tapi ingat, jika dokumen pendaftaran siswa sudah diverifikasi di sekolah tersebut, maka dokumen pendaftaran siswa itu tidak boleh dicabut atau diambil alihkan ke sekolah lain,” bebernya.

“Untuk syarat pendaftaran yang harus dilengkapi, di antaranya Surat Pernyataan Lulus dari sekolah asal

, melampirkan nilai USBN atau NEM sementara. Bagi pendaftaran dari luar Kota Bogor, selain persyaratan tadi, wajib juga menyertakan Surat Pernyataan dari sekolah di luar Kota Bogor,” sambungnya.

Jika persyaratannya sudah lengkap, menurut Fahmi, maka dipersilakan mengikuti proses pendaftaran selanjutnya, yakni PPDB Online pada 17, 18 dan 19 Juni 2019 sesuai tujuan sekolah masing-masing, termasuk pendaftar dari luar Kota Bogor, pendaftarannya bersama dengan pendaftar dari dalam Kota Bogor,” katanya.

“PPDB Online ini masih mengutamakan jalur zonasi, khususnya bagi pendaftar dari dalam Kota Bogor. Bagi pendaftar dari luar Bogor, zonasi tidak diberlakukan, karena tidak memiliki nilai zonasi. Tapi, nilai USBN atau NEM sementara akan menjadi jaminan seleksi diterima atau tidaknya siswa tersebut,” ujarnya.

Untuk PPDB Online 2019 ini, lanjut dia, kuota masuk ke SMP negeri yang dituju sudah ditetapkan yakni 228 orang dengan sembilan rombongan belajar (rombel) dengan jumlah per kelas 32 orang. ”Jika 28 siswa dikali 20 SMP negeri di Kota Bogor, maka jumlah siswa yang akan diterima di SMP negeri se-Kota Bogor sebanyak 5.760 siswa,” katanya.

 

Sumber :

https://www.surveymonkey.com/r/37H92C5