Jumlah pukulan

Jumlah pukulan

Setiap regu pemukul hanya berhak atas satu pukulan saja. Kecuali pembebasan dapat memukul 3 kali sebab semua temannya berada pada tiang hinggap. Disebut juga bembebas.

Giliran pemukul

Pemukul pertama adalah nomor terendah begitu juga mulai setelah istirahat. Sedangkan untuk memulai pada giliran setelah regu lapangan menjadi regu pemukul yang berhak memulai adlah lanjutan dari sebelum menjadi regu lapangan.

  1. Pukulan betul atau salah

Pukulan dikatakan betul bola dipukul melewati garis pukul dan menyentuh tanah pada lapangan. Atau tidak keluar dari garis salah atau lapangan. Kayu pemukul diletakan dalam daerah petak pemukul dengan baik. Pelari boleh langsung lari pada tiang bebas dan kalau mungkin kembali lagi dengan mendapat nilai dua. Yang tidak sesuai dengan yang dikatakan sebelum ini adalah pemukul yang salah. Pelari tidak diperbolehkan lari ke iang bebas, tetapi ia harus berhenti di tiang pertolongan sampai salah seorang temannya memukul bola.

  1. Melanjutkan lari

Pelari yang dengan pukulan salah berada pada tiang pertolongan, ia dapat melanjutkan larinya bila ada giliran pukulan dari temennya. Ia boleh terus lari pada tempat yang dituju.

  1. Bola mati

Bola dikatakan mati apabila:

  • Bola sudah pada tangan pelambung
  • Pukulan salah
  • Bola hilang
  • Terjadi pertukaran bebas
  1. Bola dalam permainan

Bola dalam permainan bila:

  • Sehabis memukul
  • Sesudah pukulan luncas atau salah lalu bola dimainkan oleh regu lapangan
  • Ada tanda dari wasit
  1. Bola hilang

Bola hilang kalau bola tidak dapat diambil regu lapangan, atau bola jauh ke daerah penonton, dan peluit wasit menentukannya.

  1. Melempar

Lemparan dianggap sah bila bola dilemparkan dari sembarang tempat dan bolanya lepas dari tangan pelempar sehingga mengenai pelari.

  1. Bertukar tempat bebas tidak bebas

Apabila regu pemukul kena lemparan maka saat itu regu pemukul langsung menjadi regu lapangan, dengan segera ia dapat melempar lawannya yang berusaha untuk menyelamatkan dirinya ke ruang atau tiang bebas serta tiang pertolongan. Pertukaran ini juga bisa terjadi bila regu pemukulmemegang bola walaupun pada saat menerima bola yang akan dipukul. Begitu juga halnya bila pemain lapangan sudah masuk lebih dulu ke dalam ruangan bebas sebelum temanya melempar(lemparannya tidak sah), atau regu pemukul lebih dulu ke luar sebelum temannya akan dilempar.

  1. Pertukaran bebas

Pertukaran bebas terjadi bila:

  • Regu lapangan memiliki 3 bola tangkap dalam satu babak,
  • Pukulan pembebas tidak berhasil dan dibakar oleh regu lapangan,
  • Pemukul keluar ruang bebas tidak untuk memukul,
  • Kayu pemukul lepas,
  • Pelari yang tidak menyentuh tiang bebas sudah masuk kembali ke ruang bebas.
  1. Pelaksana Pertandingan

Untuk melaksanakan pertandingan, tidak bisa kita melaksanakan dengan begitu saja tanpa adanya suatu perencanaan, dan perencanaan ini juga harus sesuai dengan siapa yang akan melaksanakan dan merencanakan pertandingan tersebut, maka dari itu panitia mempunyai tugas sebagaimana yang sudah disampaikan sebelumnya.

  1. Menyusun petugas pertandingan

Petugas pertandingan terdiri dari:

  1. Ketua
  2. Sekretaris
  3. Bendahara
  4. Pembantu umum
  5. Seksi-seksi, termasuk

1). Seksi perwasitan

2). Seksi alat dan lapangan

3). Seksi konsumsi

4). Dan lain-lain.

 

Sumber: https://multiply.co.id/