Istilah-istilah dalam blog

Istilah-istilah dalam blog

  1. Blog, merupakan kependekan dari Weblog yang merupakan bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan pada sebuah halaman web umum.
  2. Blogger, sebutan bagi seseorang yang menulis di blog mereka
  3. Blogging, kegiatan – kegiatan yang dilakukan dalam dunia Blog
  4. Blogroll, merupakan fitur dari Blogger yang menampilkan Link – link tertentu sesuai yang mereka tambahkan. Fitur ini biasanya digunakan untuk Tukeran link sesama blogger.
  5. Blogosphere, istilah yang dipergunakan untuk menjelaskan dunia yang diciptakan oleh jaringan Blog.
  6. Postingan, suatu kegiatan oleh seorang Blogger untuk mengirimkan Artikel ke dalam Blognya.
  7. Laman, hampir sama dengan Postingan, tapi tulisan yang diketik di Laman, nantinya akan muncul tersendiri menjadi menu pada halaman Blog.
  8. Komentar, tempat yang dikhususkan untuk para pengunjung untuk memberikan komentar pada suatu postingan, bisa berupa saran, kritik, dan diskusi.
  9. Komentar SPAM, komentar yang ditulis semata-mata hanya untuk promosi atau memperoleh backlink dan komentar yang ditulis tidak bersangkutan dengan Postingan yang dibahas.
  10. Traffic, adalah orang – orang yang mengunjungi blog kita atau yang biasa disebut dengan Pengunjung.
  11. Anchor Text, sebuah teks yang berisi link didalamnya, Misal : Tutorial Blogz
  12. Backlink, sebuah link yang terdapat pada blog lain yang menuju ke Blog kita.
  13. Tata letak, merupakan bagian dalam Blogger. Pada bagian ini berfungsi untuk menambahkan, menghapus atau mengatur letak Gadget/Widget dalam Blog.
  14. Template, suatu pola atau desain pada suatu Blog. Template ini berfungsi untuk mengatur tampilan blog.
  15. HTML, Hyper Text Markup Language atau yang disingkat HTML ini adalah bahasa yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web.
  16. JavaScript, adalah bahasa pemrograman yang khusus untuk halaman web agar halaman web terlihat lebih hidup.
  17. SEO, search Engine Optimization atau yang sering disebut SEO adalah sebuah usaha untuk mengoptimalkan sebuah situs agar mudah ditemukan/terindex oleh Mesin pencari seperti Google.
  18. SERP, merupakan kependekan dari Search Engine Result Page yang merupakan hasil pencarian terhadap mesin pencari (search engine). Misalnya Anda sedang melakukan pencarian di Google dengan menggunakan kata kunci yang Anda cari, kemudian akan muncul 10 hasil pencarian sesuai dengan kata kunci Anda tadi. Nah, Itulah yang dimaksud dengan SERP.
  19. Keyword, secara singkat, Keyword adalah Kata kunci. Yang merupakan kata/frasa yang diinput seseorang di mesin pencari (search engine). Contohnya, Anda mengetik di Google dengan menggunakan kata kunci “harga blackberry terbaru”.
  20. HomePage, halaman utama/awal pada suatu web.

sumber :