ILUSTRASI SISTEM TATA SURYA

ILUSTRASI SISTEM TATA SURYA

ILUSTRASI SISTEM TATA SURYA

ILUSTRASI SISTEM TATA SURYA

Matahari merupakan komponen utama sistem tata surya, bintang kelas utama yang berisi 99,86 persen massa dari sistem yang mendominasi seluruh gaya gravitasi. Planet Jupiter dan Saturnus adalah dua komponen terbesar dari lingkaran matahari, meliputi 90 persen sisanya.

Nyaris semua benda langit besar yang mengorbit matahari terletak pada bidang edaran bumi, ini disebut dengan ekliptika. Sementara itu, semua planet yang dekat dengan ekliptika yakni komet dan objek sabuk kuiper biasanya memiliki suduh yang berbeda dengan ekliptika.

Jika dilihat dari atas kutub utara, semua planet-planet dan benda-benda langit lainnya yang mengorbit kepada matahari akan berputar dengan berlawanan arah jarum jam, kecuali Komet Halley.

Hukum yang menggambarkan orbit objek dari tata surya dinamakan dengan hukum gerakan planet kepler, di sekitar matahari bergerak berbentuk elips dengan matahari sebagai fokusnya. Objek yang lebih dekat dengan matahari memiliki waktu yang singkat.

Perihelion merupakan jarak terdekat antara objek dengan matahari, semntara untuk jarak yang dekat disebut dengan aphelion. Benda yang berada di titik perihelion akan bergerak cepat, sebaliknya apabila di titik aphelion akan bergerak lambat.

Diagram tata surya kebanyakan dibuat dengan menunjukkan jarak antara orbit yang satu dengan yang lain sama, hal ini bertujuan untuk memudahkan represntasi. Namun, dalam beberapa pengecualian semakin jauh lokasi planet dari matahari, semakin besar jarak antara objel dan jalur orbit.


Sumber: https://jpjeunet-siteofficiel.com/planetstorm-apk/