Hardware dan Software Komputer

 Hardware dan Software Komputer

  1.  Pengertian

Komponen utama penyusun sistem komputer ada tiga. hardware (perangkat keras/fisik), software (perangkat lunak), dan brainware (pelaksana/operator, dalam hal ini manusia). Ketiga komponen tersebut merupakan satu kesatuan dan tidak bisa terpisahkan dalam sistem komputer. Ibarat sebuah kendaraan, maka bentuk fisik kendaraannya adalah hardware, mesinnya adalah software, sedangkan sopir adalah brainware. Bila salah satu tidak ada, maka bus tidak akan bisa digunakan untuk mengangkut penumpang. Begitu juga dengan ketiga komponen komputer, harus ada agar komputer bisa digunakan dengan maksimal.

  1. Hardware (perangkat keras/fisik)

Pengertian dari hardware atau dalam bahasa indonesia-nya disebut juga dengan nama “perangkat keras” adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat alat nya bisa dilihat dan diraba secara langsung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi. Hardware dapat bekerja berdasarkan perintah yang telah ditentukan ada padanya, atau yang juga disebut dengan dengan istilah instruction set. Dengan adanya perintah yang dapat dimengerti oleh hardware tersebut, maka hardware tersebut dapat melakukan berbagai kegiatan yang telah ditentukan oleh pemberi perintah.

Secara fisik komputer mempunyai komponen-komponen atau perangkat-perangkat yang harus bekerja sama antara komponen atau perangkat yang satu dengan yang lain.  Dengan tidak adanya satu perangkat yang tidak terpasang maka komputer tidak akan jalan ataupun tidak bisa dioperasikan. Perangkat hardware ini termasuk sangat penting untuk menjalankan komputer, untuk mengoperasikan komputer. Yang membedakan perangkat keras ini adalah data yang ada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya dan dibedakan pula dengan perangkat lunak (software) yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras dan menyelesaikan tugasnya. Namun sedikit susah untuk membedakannya ketika adanya firmwareFirmware ini adalah perangkat lunak yang “dibuat” dalam perangkat keras.

  1. Software (perangkat lunak)

Berbeda dengan hardware yang isinya adalah perangkat yang nyata secara fisik, software ini adalah perangkat lunak dari komputer yang tidak nyata atau tidak bisa dilihat dan tidak dapat disentuh, namun dapat dijalankan atau dioperasikan. Perangkat software ini berupa data digital ataupun data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer. Data yang di simpan di komputer ini adalah sebuah instruksi atau program yang akan menjalankan perintah, dan melalui software ini lah sebuah program dapat berjalan.

Perangkat software ini tidak kalah pentingnya dengan perangkat hardware, karena tanpa adanya perintah dari software ini komputer tidak akan dapat digunakan karena tidak ada program yang diperintahkan kepada hardware untuk dijalankan. Namun sama dengan perangkat hardware bahwa dalam perangkat lunak-pun juga ada komponen-komponen yang harus bekerja sama dengan satu dan yang lainnya contohnya dengan perangkat keras.

 

  1.  Jenis komponen dan fungsinya

 

  1. Hardware.

Jenis-jenis komponen yang ada pada hardware berdasarkan fungsinya adalah sebagai berikut :

1)      Unit masukan (input device)

Unit ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah, guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Input devices atau unit masukan yang umumnya digunakan personal computer (PC) adalah keyboard dan mouse. Keyboard dan mouse adalah unit yang menghubungkan user (pengguna) dengan komputer. Selain itu terdapat joystick, yang biasa digunakan untuk bermain games atau permainan dengan komputer. Kemudian scanner, untuk mengambil gambar sebagai gambar digital yang nantinya dapat dimanipulasi. Touch panel, dengan menggunakan sentuhan jari user dapat melakukan suatu proses akses file. Microphone, untuk merekam suara ke dalam komputer.

Data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer dapat berbentuk signal input dan maintenance input. Signal input berbentuk data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer, sedangkan maintenance input berbentuk program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan. Jadi Input device selain digunakan untuk memasukkan data dapat pula digunakan untuk memasukkan program. Berdasarkan sifatnya, peralatan input dapat digolongkan menjadi dua yaitu :

  1. a)Peralatan input langsung yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oleh alamat pemroses. Contohnya : keyboard, mouse, touch screen, light pen, scanner, 
  2. b)Peralatan input tidak langsung yaitu input yang dimasukkan melalui media tertentu sebelum input di proses oleh alat pemroses. Contohnya : punched card, disket, harddisk, 

sumber :

https://advertorial.co.id/belpaese-apk/