Fungsi Utama Email 

Fungsi Utama Email 

Fungsi Utama Email

Fungsi Utama Email 
Fungsi Utama Email

Fungsi email adalah

mengirim atau menerima surat dari dan ke seluruh penjuru dunia tanpa mengenal batas waktu, ruang, dan bahkan birokrasi. Surat Elektronik (SurEl) banyak digunakan karena mudah dalam pengiriman dan cepat dalam penyampaiannya. Surat elektronik atau email tidak memerlukan perangko.

Pemakai cukup mengetik melalui keyboard dan dalam hitungan detik setelah dikirimkan, surat akan sampai ke tujuan meskipun jarak antara pengirim dan penerima mencapai ribuan kilometer.

Selain pesan-pesan pribadi, dengan email dapat juga mengirim dan menerima file binary. Maka secara virtual Anda dapat mengirim dan menerima segala tipe data. Sistem mail internet adalah tulang punggung dan motivasi awal dari internet itu sendiri.

Untuk dapat menerima surat elektronik, Anda harus memiliki kotak pos (mailbox) untuk menampung surat-surat yang masuk sebelum Anda sempat membacanya. Sebuah kotak pos elektronik (electronic mailbox) sama dengan kotak pos di kantor pos. Siapa pun dapat mengirim surat ke kotak pos, tetapi hanya pemiliknya yang dapat meneliti dan membuang isi kotak surat tersebut.

Alamat kotak pos untuk surat elektronik disebut email address.
Sebagai contoh: budi@indo.net.id
budi : nama user indo : nama provider
net : network/provider
id : nama domain geografis, yaitu Indonesia

Surat menyurat di internet dilakukan dengan menggunakan program surat elektronik. Cara penggunaannya sangat mudah bila program dijalankan di bawah user interface grafis seperti Windows. Saat pengiriman hanya perlu diisikan alamat penerima dan subjek (topik) surat, kemudian isi surat langsung dapat diketik untuk dikirim.

Jika perlu, Anda dapat menyertakan file tertentu untuk dikirim bersama-sama dengan surat tersebut (Attachments). Program surat elektronik yang popular digunakan adalah Eudora Mail. Eudora Mail menggunakan protokol yang disebut POP (Post Office Protocol) dan dibuat oleh Qualcomm Inc.

Baca Juga: