Fungsi Kepemimpinan

Fungsi Kepemimpinan

Fungsi Kepemimpinan

Fungsi Kepemimpinan

Fungsi kepemimpinan adalah bagian dari tugas utama yang harus dilaksanakan. Tetapi untuk merumuskan apa yang dimaksud  fungsi kepemimpinan adalah sulit, sama sulitnya memberikan defenisi kepemimpinan itusendiri.

Kesulitan ini terjadi sebab kepemimpinan menarik perhatian para pakar untuk menelitinya, sehingga melahirkan penelitian kepemimpinan yang berbeda-beda, hampir sebanyak mereka para pakar yang melakukan penelitian.

Ada empat fungsi  fungsi kepemimpinan:

  1. Pemimpin sebagai eksekutif

Sering kali disebut sebagai administrator atau manajer. Fungsinya adalah menerjemahkan kebijaksanaan menjadi suatu kegiatan, ia memimpin dan mengawasi tindakan orang-orang yang menjadi bawahannya. Dan membuat keputusan- keputusan yang kemudian memerintahkannya untuk dilaksanakan.

  1. Pemimpin sebagai penengah

Dalam masyarakat modern, tanggung jawab terletak ditangan pemimpin dengan keahliannya yang khas dan ditunjuk secara khusus. Ini dikenal dengan pengadilan.

  1. Pemimpin sebagai penganjur

Penganjur adalah sejenis pemimpin yang memberi inspirasi kepada orang lain. Sering kali ia merupakan orang yang pandai bergaul dan fasih berbicara.

  1. Pemimpin sebagai ahli

Dapat dianalogikan sebagai instruktur atau seorang juru penerang, berada dalam posisi yang khusus dalam hubungannya dengan unit sosial dimana ia bekerja. Termasuk dalam kategori ini adalah guru, dosen, petugas sosial, dokter, dan sebagainya karena mereka memiliki pengetahuan untuk diberikan pada orang lain.


Sumber: https://rajasatour.id/whirlpool-demolition-apk/