Faktor Penyebab Kelangkaan Sumber Daya Alam

Faktor Penyebab Kelangkaan Sumber Daya Alam

Faktor Penyebab Kelangkaan Sumber Daya Alam

Faktor Penyebab Kelangkaan Sumber Daya Alam

Keterbatasan sumber daya

Alam memang menyediakan sumber daya yang cukup melimpah. Namun, tetap saja jumlahnya terbatas, apalagi jika manusia mengesploitasi secara besar-besaran. Walaupun sumber daya tersebut dapat diperbaharui atau tersedia secara bebas, tetap saja akan berkurang dan lama-kelamaan akan habis. Apalagi sumberdaya yang tidak bisa di perbarui dan manusia melakukan esploitasi secara berlebihan maka akan susah untuk di pulihkan dan butuh waktu yang cukup lama untuk kembali normal.


Perbedaan letak geografis

Sumber daya alam biasanya tersebar tidak merata disetiap daerah. Ada daerah yang sangat subur, ada pula daerah yang kaya akan bahan tambang. Namun, ada pula daerah yang gersang dan selalu kekurangan air. Perbedaan ini menyebabkan sumber daya menjadi langka dan terbatas, terutama bagi daerah yang tidak mempunyai sumber daya yang melimpah maka akan berpluang besar terjadi kelangkaan sumberdaya alam yang berpengaruh terhadap perekonomian masyarakat.

 


Pertambahan jumlah penduduk

Pertumbuhan jumlah penduduk selalu lebih cepat dibandingkan dengan pertumbuhan produksi barang dan jasa. Hal ini telah diamati oleh seorang ekonom, Thomas Robert Malthus, “Bila pertumbuhan penduduk lebih besar dari pada sumberdaya alam yang ada maka penduduk akan kekurangan sumberdaya alam atau bisa di sebut mengalami kelangkaan sumberdaya alam”. Artinya pertumbuhan penduduk akan bertambah ini berarti tingkat kebutuhan penduduk semakin meningkat sedangkan sumber daya alam yang tersedia terbatas.


Keterbatasan kemampuan produksi

Kemampuan produksi didukung oleh faktor-faktor produksi yang digunakan. Misalnya kapasitas faktor produksi manusia terbatas karena masih bisa sakit, lelah, atau bosan. Mesin produksi juga bisa rusak dan aus. Selain itu, keterbatasan produksi juga ditentukan karena perkembangan teknologi yang tidak sama. Di negara maju, perkembangan teknologi berlangsung sangat cepat. Sementara itu, di negara berkembang perkembangan kebutuhan barang dan jasa masih lebih cepat daripada perkembangan teknologinya.


Misalnya saja di lihat perbandingan antara negara jepang dan indonesia , di jepang meski tidak mempunyai lahan yang cukup luas mereka mampu menghasilkan padi , bahkan mampu untuk mencukupi kebutuhan pangan warga jepang buntuk 20 tahun kedepannya. Sedangkan yang terjadi di indonesia mempunyai lahan yang cukup luas akan tetapi masih banyak masyarakat yang susah untuk mendapat beras.


Bencana alam

Bencana alam merupakan faktor perusak yang berada di luar kekuasaan dan kemampuan manusia. Walaupun sebenarnya sebagian bencana terjadi akibat ulah manusia sendiri. Banjir, gempa bumi, tanah longsor, kebakaran hutan, dan lain-lain telah membawa dampak kerugian yang cukup besar. Kerusakan bangunan, tempat usaha, sumber daya alam, dan bahkan korban jiwa yang menjadi korban bencana alam tersebut.


Sumber: https://thedarksideofthesun.org/aporkalypse-apk/