Cek Soal UN yang Tertukar di Bali

Cek Soal UN yang Tertukar di Bali

Cek Soal UN yang Tertukar di Bali

Cek Soal UN yang Tertukar di Bali
Cek Soal UN yang Tertukar di Bali

Ujian Nasional di Karangasem, Bali

tidak berlangsung lancar. Sejumlah soal tertukar, dan banyak Lembar Jawaban Komputer (LJK) yang rusak. Namun Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) M Nuh, belum mendengar kabar itu.

“Saya belum dengar dan belum bisa pastikan. Akan saya cek terlebih dahulu,” ujar M Nuh ketika ditanyai wartawan di Istana Merdeka, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Senin (22/3/2010).

 

M Nuh juga meminta agar masyarakat jangan selalu berspekulasi tentang adanya soal yang bocor. Sebab hal ini bisa mempengaruhi konsentrasi siswa-siswi.

 

“Jangan sampai kita terjebak pada spekulasi yang tidak benar

karena itu merugikan siswa, dan menodai pelaksaanna ujian nasional itu sendiri,” jelas Nuh.

Sejak pagi tadi, M Nuh disibukkan dengan mengecek distribusi soal UN. Sejak pukul 5 pagi mantan Menkominfo ini sudah melihat distribusi soal UN dan memantau sekolah-sekolah.

“Saya cek apa ada guru yang mengajar di sekolah itu ada di tempat itu, ternyata tidak ada. Dan memang aturannya seperti itu. Guru pengajar tidak boleh mengawasi sekolah yag sama,” tuturnya.

 

Sekolah yang ditinjau M Nuh di Jakarta yakni SMA 70, SMA Al Azhar, SMA 6 dan SMK 70.

Sebelumnya diberitakan, di Karangasem, Bali, soal Bahasa Indonesia yang harusnya dibagikan hari ini tertukar dengan soal Bahasa Inggris dan Antropologi. Sejumlah murid langsung kaget karena mereka belum siap. Selain itu, sejumlah LJK juga didapati sudah rusak.

Baca Juga :