Cara Melihat IP Address Laptop dan Ponsel Android

Rate this post

bankpundi.co.id – Alamat Internet Protocol, atau sering disebut dengan IP address, adalah sebuah alamat pada sebuah komputer agar komputer tersebut dapat berkomunikasi antara komputer yang satu dengan yang lainnya.

Umumnya, alamat IP berisi empat oktet atau 4 grup. Dan di setiap blok terdiri dari angka mulai dari 0 hingga 255.

Contoh alamat IP adalah 192.168.0.1 (IPv4). Tidak hanya di komputer, ternyata IP address tersebut juga disematkan di smartphone Android.

Juga, smartphone yang terhubung ke jaringan WiFi atau Internet. Jadi tentu saja smartphone akan memiliki alamat IP.

Cara Melihat IP Address Laptop dan Ponsel Android

Cara Melihat IP Address di laptop

Ada banyak langkah yang bisa kita gunakan, dari yang paling mudah dilakukan hingga beberapa yang lebih kompleks. Berikut cara mengetahui IP address pada laptop.

  1. Whatismyipaddress.Com

Ini adalah website untuk mengetahui alamat IP publik, dimana alamat IP sebenarnya terluas, berikut langkah-langkahnya.

  1. Buka alamat website whatismyipaddress.com di browser
  2. Kemudian tunggu proses download sampai selesai
  3. Maka akan muncul tulisan alamat IP saya adalah
  4. Sekarang ini adalah alamat IP publik Anda.
  5. Whatismyip-address.com

Seperti pada langkah pertama, disini kita menggunakan website whatismyip-address.com yang mendeteksi alamat IP versi 4. Tidak hanya itu, ISP, kota, provinsi, dan negara Anda juga ditampilkan di sini. Selain browser dan sistem operasi yang digunakan. https://kuliahpendidikan.com/

3.ipconfig CMD

Pada titik ini, kita dapat menggunakan cmd bawaan Windows, sehingga kita dapat mengetahui alamat IP menggunakan cmd. Tapi itu hanya menunjukkan alamat IP pribadi atau lokal. Di mana dimulai dengan 192.168, berikut adalah langkah-langkahnya.

  • Langkah pertama buka cmd > start > ketik cmd > run as administrator.
  • Kemudian ketik ipconfig
  • Akan muncul pada gambar di atas, pada kolom Wireless LAN.
READ  Trans Snow World Bintaro: biaya masuk, lokasi, jam buka

Cara melihat alamat IP di Android

Lalu bagaimana caranya agar kita bisa mengetahui alamat IP di HP Android yang kita gunakan? Bisakah kita melihat alamat IP dari smartphone kita?

Tentu bisa, setidaknya ada tiga cara yang bisa Anda gunakan untuk mengetahui alamat IP di smartphone Android, iOS bahkan Windows. Untuk lebih jelasnya simak ulasan berikut ini.

  1. Cara melihat alamat IP di HP

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui alamat IP di smartphone Android Anda adalah dengan melihatnya di jaringan WiFi yang terhubung. Caranya adalah dengan mengaktifkan WiFi di smartphone Anda kemudian menghubungkan WiFi di sekitarnya.

Jika Anda sudah terhubung, klik WiFi yang terhubung. Jadi sekarang Anda dapat melihat alamat IP di ponsel cerdas Anda.

  1. Localhost.es

Cara kedua mudah untuk dipraktekkan. Syarat utamanya adalah ponsel Anda harus terhubung ke Internet. Ini hanya dapat dilakukan di komputer.

Anda juga dapat menggunakannya untuk mengetahui alamat IP di ponsel Android Anda hanya dengan membuka alamat localhost.com di browser ponsel cerdas Anda.

3.Aplikasi Android

Selain dua cara di atas, cara ketiga ini juga bisa kamu gunakan untuk mengetahui alamat IP di smartphone Android yang kamu gunakan.

Cukup unduh dan instal aplikasi pihak ketiga yang menyediakan informasi sistem jaringan terperinci di ponsel pintar Android Anda. Metodenya adalah:

  1. Pertama, unduh dan instal aplikasi My IP melalui Google Play Store.
  2. Jika proses download dan instalasi sudah selesai, buka aplikasi My IP.
  3. Nantinya aplikasi ini akan memberikan informasi tentang alamat IP, alamat MAC, dll. mengenai jaringan smartphone Android Anda.

Sumber: ppklkemenkop.id