Cara Budidaya Ikan Sidat di Kolam

Cara Budidaya Ikan Sidat di Kolam

Cara Budidaya Ikan Sidat di Kolam

Cara Budidaya Ikan Sidat di Kolam
Cara Budidaya Ikan Sidat di Kolam

Teknik Budidaya Ikan Sidat di kolam menjadi beberapa tahapan yang harus diperhatikan diantaranya adalah :

Pengolahan Kolam Ikan Sidat

Pengolahan kolam ikan sidat tidak jauh berbeda dengan pengolahan ikan lainnya, seperti lele atau seperti pada pengolahan kolam ikan nila.

Kemudian yang harus diperhatikan adalah, jangan memulai memasukan benih ikan sidat sebelum kondisi air kolam bagus, berwarna hijau bening/transfaran dan tidak berbau,

Perawatan Ikan Sidat

Setelah kolam siap, masukan benih ikan kedalam kolam, tahap selanjutnya adalah perwatan ikan sidat, diantaranya dengan melakukan pemberian makanan, seperti yang sudah dijelaskan diatas, kandungan pakan ikan harus banyak mengandung unsur protein, atau lebih lengkapnya unsur yang terkadnung dalam pakan adalah Protein 45%, karbohidrat 15-18%, dan kadar lemak 20%.

Untuk memenuhi unsur tersebut bisa menggunakan pelet ikan khusus ikan sidat, kemudian berikan campuran cacahan keong, cacahan bekicot ataupun cacing.

Proses Panen Ikan Sidat

Ikan Sidat dipanen ketika usia ikan 7-8 bulan atau sebelumnya lakukan riset permintaan pasar, selain itu kategori sidat siap panen adalah ketika ikan mencapai 200-230 gram per ekor.

Budidaya Ikan Sidat di Kolam Terpal

Proses budidaya ikan sidat di kolam tanah dan di terpal tidak jauh berbeda, yang perlu diperhatikan adalah :
Kondisi sumber air, sirkulasi air juga dibutuhkan dalam budidaya ikan sidat, atau bisa menggunakan airator agar kadar oksigen tetap terjaga.
kondisi terpal artinya terpal harus dijaga jangan sampai bocor kemudian,
kapasitas ikan atau jumlah ikan harus diperhatikan, jangan sampai terlalu padat.

Baca Juga: