Pakai 3 Langkah Mudah Ini untuk Tanam Biji Buah Lemon

Cara menanam lemon

Pakai 3 Langkah Mudah Ini untuk Tanam Biji Buah Lemon

Cara menanam lemon

Cara Menanam Jeruk Nipis – Perawatan, Bonsai, Pohon, Stek dan Pemangkasan – Jeruk nipis, buah jeruk atau lemon adalah jenis buah jeruk yang buahnya banyak digunakan sebagai penyedap dan penyegar di banyak seni kuliner dunia.

Cara Menumbuhkan Lemon

Pohon berukuran sedang ini dapat mencapai 6 m dan tumbuh di iklim tropis dan subtropis serta tidak tahan terhadap cuaca dingin. Lemon ditanam di Spanyol, Portugal, Argentina, Brasil, Amerika Serikat, dan negara-negara lain di sekitar Mediterania. Tanaman ini cocok untuk iklim kering dengan musim dingin yang relatif hangat. Suhu ideal untuk pertumbuhan lemon yang baik adalah antara 15 dan 30 °C (60-85 °F).

Beberapa kultivar adalah ‘Eureka’, ‘Lisbon’ dan ‘Meyer’.
Jenis tanah dan iklim yang cocok untuk menanam lemon

Tanah yang gembur dan organik. Pastikan lahan yang akan Anda tanam memiliki kandungan organik yang baik agar pohon lemon bisa mendapatkan nutrisi yang cukup. Jika ingin menggemburkan tanah dengan pupuk, maka pilihlah pupuk organik yang alami dan bebas bahan
Tanah yang akan ditanami memiliki kandungan garam yang tinggi
Areal yang akan ditanami bebas dari gulma dan tanaman pengganggu
Tanahnya tidak basah, tidak becek dan tidak juga
Negara ini mendapat cukup sinar matahari
Jeruk nipis bisa ditanam di dataran tinggi maupun dataran rendah, di daerah tropis seperti negara kita dan di pedesaan.

Pengolahan tanah dan persiapan lahan

Siapkan lahan yang cukup luas untuk menanam pohon jeruk. Anda perlu membuat gundukan tanah untuk menanam setiap benih dan membuat jarak antara tanaman lemon satu sama lain.

READ  Cara Menghapus Akun Whatsapp Secara Permanen

Pilih cara tanam yang tepat dengan memperhatikan arah mata angin yang tepat agar sinar matahari dapat menyinari langsung pohon jeruk yang Anda tanam. Selain itu, pastikan air tidak membanjiri pohon jeruk dengan menggali parit-parit kecil agar air mengalir saat hujan. Genangan air ini menurunkan kualitas lemon yang dihasilkan. Perhatikan kedalaman lubang tanam dan sesuaikan dengan akar benih agar benih dapat menyerap tanah dengan baik.
Cara memperbanyak dan menyemai tanaman jeruk lemon

Anda dapat melakukannya dengan mengimpor benih dengan kualitas terjamin dan negara yang diakui secara hukum. Pembibitan ini merupakan salah satu kunci terpenting kualitas buah yang dihasilkan. Untuk itu, Anda harus benar-benar memperhatikan kualitas benih.

Saat memilih benih yang berkualitas, Anda harus memilih benih lemon yang bebas hama dan penyakit serta cukup umur untuk ditransplantasikan. Biji lemon memiliki batang yang kuat, tidak berkerut atau tipis, memiliki daun hijau yang sehat, dan tidak berwarna kuning kering.

Jika seseorang sudah memiliki tanaman jeruk lemon, maka Anda bisa menggunakan teknik pruning kecambah untuk membuat atau memperbanyak biji jeruk lemon, karena tanaman jeruk nipis sangat mudah diperbanyak dengan stek pucuk. Ringkasnya, caranya adalah dengan mengambil satu cabang tanaman jeruk nipis dengan sekitar 3-4 helai daun (sekitar 20 cm) lalu potong setiap helai daunnya sekitar 2/3 darinya untuk mengurangi penguapan air. Pertama, celupkan cabang yang akan ditanam ke dalam larutan hormon pertumbuhan akar. Jika Anda tidak memiliki hormon perangsang akar, Anda bisa menggunakan bawang bombay yang telah diremas-remas, lalu tambahkan sedikit air dan lumuri batang tanaman jeruk nipis yang akan ditanam sebagai stek. Tanam dalam polibag dengan media tanah dan kompos. Jangan lupa siram pagi dan sore hari agar akar stek lemon muncul setelah 21 hari atau sekitar 3 minggu jika semua berjalan lancar. Biarkan sampai 1 bulan kemudian sampai akarnya kuat, lalu pindahkan ke media tanam agar tidak mudah mati.
cara dan waktu tanam

READ  Ini Dia 3 Cara Mudah Untuk Cek Saldo BNI Life

Penanaman dapat dilakukan kapan saja karena pohon jeruk pada dasarnya dapat bertahan hidup di segala musim selama cara penanamannya tepat dan syarat tumbuhnya terpenuhi. Teknik penanaman dilakukan dengan cara menancapkan benih pada setiap gundukan tanah yang telah dibuat. Pastikan biji lemon mendapatkan sinar matahari yang cukup dan tidak terlalu banyak air.

Sumber :