Berburu Nopia

Berburu Nopia

Table of Contents

Berburu NopiaBerburu Nopia

Nopia atau mino

Nopia atau mino adalah jajanan khas daerah Banyumas, Jawa Tengah. Saya menyukai jajanan ini bukan karena ada ikatan khusus dengan daerah ini. Tetapi memang nopia atau mino ini menurut saya enak rasanya. Dan yang utama cara pembuatannya unik.

Yah, nopia atau mino menang cara pembuatannya sangat tradisional. Dan saya suka itu. Yakni dengan cara dipanggang di atas tungku tanah dan dibakar dengan kayu bakar. Rasanya sangat khas sekali.
Bahan dasarnya sih hanya tepung terigu yang telah diadoni seperti halnya membuat bakpia. Hanya untuk nopia kulit luarnya agak tebal dan berlapis-lapis. Untuk isi sudah bervariasi. Ada yang gula merah, cokelat dll.
Saya lebih menyukai yang rasa gula merah. Jika sesang berkunjung ke daerah Banyumas tentu jajanan ini yang tidak boleh dilupakan. Tetapi jika sewaktu-waktu merasa ingin, agak sulit juga untuk mencarinya. Bukan berarti tak ada. Tetapi mesti di tempat khusus semacam supermarket.
Meski sudah jarang tetapi masih bisa dijumpai. Setidaknya saya masih bisa menikmati jajanan khas yang unik ini. Bagaimana dengan kamu?

 

POS-POS TERBARU