Bentuk-Bentuk Musikalisasi Puisi

Bentuk-Bentuk Musikalisasi Puisi

Bentuk-Bentuk Musikalisasi Puisi

Bentuk-Bentuk Musikalisasi Puisi
Bentuk-Bentuk Musikalisasi Puisi

Adapun bentuk-bentuk musikalisasi puisi yakni sebagai berikut:

Musikalisasi Puisi Lagu

Musikalisasi puisi lagu yaitu jenis atau bentuk puisi yang berfokus pada pengubahan puisi menjadi syair lagu yang memiliki nada diatonis yang di aransemen dan di kombinasikan dengan iringan musik. Syair lagu memiliki nada harmoni yang dasarnya merupakan jenis aransemen puisi ke jenis lagu. Dan partitur musik yaitu teks lagu yang berisikan puisi-puisi yang di aransemen ke bentuk lembaran musik yang memiliki melodi, irama/ritme dan harmoni.

Perubahan bentuk puisi menjadi sebuah lagu yakni produktivitas yang diperbuat seorang penyair atau pencipta lagu yang puitis dengan unsur imajinasi dan keterampilan dalam bermusik. Musikalisasi puisi dengan cara menciptakan komposisi lagu yang mana syair puisi menjadi lirik lagu. Produktivitas tersebut terlahir dari seorang penyair dengan imajinasi dan keterampilan bermusik.

Musikalisasi Puisi Iringan

Musikalisasi puisi iringan yaitu bentuk puisi yang berfokus pada iringan permainan alat-alat musik. Utama fokusnya dari bentuk puisi ini yakni keahlian olah vokal dari pembaca puisi.

Musikalisasi Puisi Total

Adalah bentuk musikalisasi yang merubah total puisi menjadi lagu dengan mengkonkretkan puisi dalam bentuk musik seutuhnya.

Langkah-Langkah Musikalisasi Puisi

Langkah-langkah atau cara dalam menciptakan musikalisasi puisi yakni sebagai berikut:

Menikmati Musikalisasi Puisi

Jika kalian pernah mendengarkan lagu yang dinyanyikan oleh Bimbo atau Ebiet G. Ade, maka lagu yang mereka nyanyikan terasa sangat puitis bukan. Hal ini alasannya intinya lirik-lirik lagu tersebut yakni puisi yang dimusikalisasi atau disajikan dalam bentuk lagu yang memiliki irama. Silakan saja dengarkan lagu lagu yang mereka ciptakan, dan maknai liriknya, maka akan terlihat kalau lirik tersebut yakni sebuah puisi.

Memilih Puisi Yang Akan Dimusikalisasikan

Pada dasarnya semua puisi bisa dimusikalisasikan. Akan tetapi, sebaiknya kalian menentukan puisi-puisi yang sederhana yaitu puisi yang memiliki syair gampang diucapkan semoga gampang untuk dinyanyikan. Contoh puisi sederhana yang bisa di musikalisasikan yakni Tuhan karya Hasbiono K.

Memahami Isi Puisi Yang Akan Dimusikalisasikan

Setelah kalian menentukan puisi yang akan dimusikalisasikan, kemudian pahami isi dari puisi dengan sempurna semoga irama lagu yang dipilih sesuai dengan isi puisi. Untuk memahami isi sebuah puisi, kalian bisa berpedoman dengan pertanyaan berikut ini:

Apa tema puisi yang akan kalian musikalisasikan?
Bagaimanakah suasa yang menjiwai puisi tersebut?
Suatu hal apakah yang ingin dikemukakan pengaran dari puisi tersebut?
Adakah suara vokal atau konsonan yang secara umum dikuasai pada puisi tersebut?
Kata-kata apakah yang ada dalam puisi tersebut yang berdasarkan kalian sukar untuk dipahami?

Menentukan Irama Yang Sesuai Dengan Suasana Puisi

Langkah selanjutnya yakni menentukan nada, irama, dan juga tempo yang sesuai dengan isi puisi dan suasana puisi, makan akan tercipta perpaduan suara yang indah antara puisi dengan alat yang menjadi pengiringnya. Pergunakanlah alat-alat musik sederhana ibarat gitar, harmonika, atau seruling. Tetapi, kalau tidak ada alat musik, kalian bisa menyanyikan secara acapela atau bernyanyi tanpa menggunakan alat musik.

Menampilkan Musikalisasi Puisi

Apabila seluruhnya sudah siap, maka musikalisasi puisi siap untuk ditampilkan. Dalam menampilkan musikalisasi, unsur yang paling penting yang harus diperhatikan yakni kejelasan vokal dan penghayatan (ekspresi) kalian dikala menyanyikan puisi tersebut, serta yang diutamakan tetap isi bait-bait puisi. Musik pendukung juga harus senada dengan isi puisinya.


Sumber: https://youtubers.id/gionee-perkenalkan-m7-power/